3 Pelajaran dari Chae Bersaudara di Drakor Sunbae Dont Put That Lipstick On

3 Pelajaran dari Chae Bersaudara di Drakor Sunbae, Dont Put That Lipstick On

Sunbae, Don't Put That Lipstick On

 

Assalamualaikum Sahabat Lithaetr, mari masuki dunia lifestyle, parenting, inspirasi, dan hiburan (musik, film, buku, dan drama Korea).

Setelah kemarin membahas tentang aplikasi edit video, kali ini saya mau menulis yang ringan saja. Saya mau menulis tentang drama Korea (drakor) Sunbae Dont Put That Lipstick On. Drama Korea ini baru saja tamat pada 9 Maret lalu, jadi termasuk cerita baru.

Drakor Sunbae Dont Put That Lipstick On ini punya banyak nama seperti ‘She Would Never Know’, ‘Senior, Don’t Apply That Lipstick’, ‘Senior, Don’t Put On That Lipstick’, ‘Sunbae, Geu Lipstick Bareujimayo’, dan ‘Sunbae, Libseutikeul Sseuji Ma’.

Sunbae Dont Put That Lipstick On ini mempunyai versi webtoon dengan judul She Would Never Know, yang sampai saat ini masih berjalan atau tayang di website-nya. Untuk cerita versi webtoon tidak terlalu berbeda jauh dengan versi drama Koreanya, sehingga baik pembaca ataupun penonton cukup bisa menikmati keduanya.

Apa sih, yang mau saya tulis dari cerita drakor She Would Never Know ini? Yuk, ikutin terus penjelasannya di sini.

Sinopsis Sunbae Dont Put That Lipstick On

Sunbae Dont Put That Lipstick On atau She Would Never Know ini bercerita tentang kisah cinta antara seorang senior dan junior di sebuah perusahaan kosmetik terkemuka. Senior cantik bernama Yoon Song Ah (diperankan oleh Won Jin Ah) adalah seorang pekerja yan rajin, pekerja keras, teliti, dan sangat mencintai dunia make up.

Rowoon di Sunbae, Don't Put That Lipstick On

Yoon Song Ah adalah seorang senior di sebuat tim pemasaran produk kosmetik Klaar. Dari pekerjaannya inilah ia bertemu dengan juniornya yang bernama Chae Hyun Seung (dibintangi oleh Rowoon). Melihat keseriusan dan kecintaan seniornya dalam bekerja, membuat Chae Hyun Seung jatuh cinta.

Awalnya cinta junior (Chae Hyun Seung) kepada seniornya (Yoon Song Ah) sebatas pengagum rahasia, tapi ada sebuah kejadian yang akhirnya membuat Chae Hyun Seung menyatakan cinta kepada Yoon Song Ah.

Pernyataan cinta Chae Hyun Seung terjadi karena melihat Yoon Song Ah dikhianati oleh kekasihnya, yaitu Brand Manajer (atasan grup pemasaran) mereka yang bernama Lee Jae Shin (diperankan oleh Lee Hyun Wook). Hubungan asmara antara Yoon Song Ah dan Lee Jae Shin sudah berjalan selama 2 tahun secara diam-diam, sehingga seluruh anggota tim tidak ada yang tahu hingga suatu kali Chae Hyun Seung melihat mereka berdua sedang berpacaran tanpa disengaja.

Mengetahui hubungan asmara tersebut, membuat Chae Hyun Seung yang memendam perasaan kepada Yoon Song Ah, berusaha untuk move on, hingga ia melihat kalau Lee Jae Shin pergi dengan seorang wanita mencoba baju pengantin di sebuah toko baju pernikahan milik keluarga Chae. Melihat hal tersebut, membuat Chae Hyun Seung ingin melindungi seniornya dari rasa sakit hati, karena pengkhianatan cinta.

Dari situlah Chae Hyun Seung berani mengungkapkan perasaan cintanya kepada Yoon Song Ah dan membuat hubungan antara senior serta junior tersebut menjadi rumit. Apakah hubungan antara Chae Hyun Seung berhasil melindungi dan merebut hati Yoon Song Ah yang terluka? Untuk menemukan jawabannya, sahabat Lithaetr perlu melihat cuplikannya berikut ini,

 

Siapakah Chae Bersaudara?

Biasanya kalau saya menulis tentang drakor itu fokus ke cerita tokoh-tokoh utamanya, kalau enggak lebih ke pelajaran yang bisa diambil dari jalan ceritanya. Akan tetapi, kali ini saya mau agak berbeda. Saya mau ambil pelajaran dari salah satu keluarga yang ada di dalam ceritanya.

Dari beberapa keluarga yang diceritakan di She Would Never Know, ada 4 cerita yang keluarga nan menonjol. Namun kali ini, saya hanya akan mengenalkan 2 keluarga saja yaitu,

Keluarga Yoon Song Ah

Won Jin Ah di Sunbae, Don't Put That Lipstick On

Yoon Song Ah besar dari seorang ibu yang tanpa sadar trauma karena cinta. Ibu Yoon Song Ah, dikhianati oleh ayahnya. Ibunya yang mengetahui kalau suaminya selingkuh berusaha menutupi keburukan sang ayah demi putrinya.

Akan tetapi, rasa kecewa menggerogoti sang ibu sehingga membuat beliau terlalu protektif dan posesif terhadap Yoon Song Ah. Sikap posesif dan protektif sang ibu kepada anaknya semakin menjadi setelah ayah Yoon Song Ah meninggal.

Sikap sang ibu yang seperti itu membuat Yoon Song Ah tidak nyaman dan akhirnya membuat anak perempuan tersebut sedikit melawan. Yoon Song Ah melawan sikap ibunya, karena dia sebenarnya juga tahu kalau sang ayah selingkuh. Jadi menurutnya sikap ibunya yang begitu mencintai sosok sang ayah terkesan klise.

Hubungan antara ibu dan anak ini tidak berjalan dengan mulus di awal-awal cerita. Sikap si ibu yang protektif dan posesif, terlihat begitu kekanak-kanakan, sehingga terkesan selalu memaksakan setiap kehendaknya untuk diturutin oleh anaknya. Yoon Song Ah, yang mencoba bersabar, akhirnya memilih untuk pergi menjauh sebentar dari sang ibu dengan alasan mengejar karir di Ibukota.

Memang Yoon Song Ah membuktikan kalau dia benar-benar mencintai pekerjaannya dan hubungan anak serta ibu ini apakah akan membaik seiring waktu? Sahabat lithaetr perlu mencoba menonton drakor atau membaca webtoonnya sendiri, hehehe.

 

Keluarga Chae Hyun Seung

Inilah keluarga yang ingin saya bahas dan ambil pelajarannya. Mengapa saya mau mengambil pelajaran dari keluarga Chae Hyung Seung? Sebab, menurut saya keluarga Chae ini termasuk yang unik untuk diperhatikan. Apakah keunikannya? Saya akan ceritakan dulu sekilas tentang keluarga Chae Hyun Seung dan saudari-saudarinya.

Wang Bit Na jadi Chae Ji Seung

Chae Hyun Seung adalah anak terakhir dan anak laki-laki satu-satunya dari tiga bersaudara Chae. Kakaknya yang pertama bernama Chae Ji Seung (dibintangi oleh Wang Bit Na) dan kakak keduanya bernama Chae Yun Seung (dibintangi oleh Ha Yoon Kyung).

Ha Yoon Kyung jadi Chae Yun Seung

Keluarga Chae ini termasuk keluarga menengah, karena mereka memiliki bisnis toko baju pernikahan yang lumayan sukses. Toko baju pernikahan tersebut adalah warisan dari orang tua mereka, khususnya ibu mereka.

Tidak begitu diceritakan bagaimana tentang kedua orang tua keluarga Chae, tapi melihat hubungan mereka bertiga saya merasa kalau orang tuanya sudah meninggal dan hubungan keluarga mereka sangat harmonis.

Mengapa saya bilang hubungan keluarga mereka harmonis? Hal itu dikarenakan karena hubungan diantara ketiga kakak beradik Chae begitu kompak, seru, dan interaksi mereka begitu baik satu sama lain.

Hubungan keluarga yang harmonis tidak bisa dibangun atau dibentuk dalam waktu singkat, pastilah hubungan kakak beradik yang begitu santun nan harmonis tersebut sudah dibina sejak orang tua mereka masih hidup.

Melihat keseruan yang terjadi diantara Chae bersaudara membuat saya menuliskan pelajaran-pelajaran yang bisa diambil dari hubungan mereka yang harmonis. Apa sajakah pelajarannya?

 

3 Pelajaran dari Chae Bersaudara di drakor Sunbae Dont Put That Lipstick On

Chae bersaudara di drakor Sunbae Dont Put That Lipstick On cukup menarik perhatian saya, karena hubungan mereka begitu baik padahal orang tua mereka sudah meninggal dunia. Chae Ji Seung, Chae Yun Seung, dan Chae Hyun Seung tetap kompak satu sama lain.

Mereka juga punya bisnis warisan keluarga, tapi Chae Ji Seung, Chae Yun Seung, dan Chae Hyun Seung tidak ribut-ribut dan memperebutkan soal siapa yang pantas mewarisi bisnis tersebut. Akan tetapi, mereka memilih dari melihat siapa yang paling pantas mengelola bisnis warisan tersebut dari kemampuannya.

Yang terpilih mengelola bisnis warisan tersebut adalah kakak tertuanya yang bernama Chae Ji Seung. Walaupun dia mengelola bisnis keluarga tidak serta merta uang hasilnya bisa seenaknya dipergunakan demi keluarga Chae semata. Akan tetapi, benar-benar dikelola dengan profesional sesuai prosedural bisnis yang ada.

Lalu bagaimana nasib kedua bersaudara Chae lainnya? Chae Yun Seung sudah menikah dan memilih menjadi ibu rumah tangga. Kemudian, Chae Hyun Seung memilih menjadi pegawai pemasaran di sebuah perusahaan kosmetik brand Klaar.

Kira-kira pelajaran apa saja yang bisa didapatkan dari 3 bersaudara Chae ini? Inilah pelajaran-pelajaran positifnya,

  1. Menjaga komunikasi agar tetap baik, kompak, dan harmonis

Sudah cukup sering saya singgung di atas kalau 3 bersaudara Chae itu hubungannya baik, kompak, dan harmonis, makanya saya tulislah kalau itu adalah pelajaran pertama yang bisa diambil dari mereka.

Tentu saja hubungan mereka yang kompak itu bisa terjalin karena cara komunikasi yang baik. Bagaimana mereka melakukan acara makan bersama saat di akhir pekan selama sebulan 2 kali. Lalu, mereka bercerita tentang kegiatan atau aktivitas mereka masing-masing. Walaupun kadang-kadang berdebat karena ketidak cocokan, tapi pada akhirnya hubungan 3 bersaudara Chae tetap baik-baik saja.

Baca juga,

3 Rumus Komunikasi Produktif

 

  1. Saling membantu satu sama lain di kala sulit

Ketiga bersaudara Chae sangat melakukan poin kedua ini. Mereka selalu saling bantu membantu satu sama lain, sejak episode awal Sunbae Dont Put That Lipstick On. Mulai dari membantu Chae Hyun Seung saat memperlihatkan kepada Yoon Song Ah, bagaimana kelakuan Lee Jae Shin, hingga saling membantu menjaga putri semata wayangnya Chae Yun Seung, saat ibunya harus ada kegiatan lain.

Apalagi di kala Chae Yun Saeng mengalami prahara dalam rumah tangganya, baik Chae Ji Seung dan Chae Hyun Seung membantu menguatkan, menghibur, dan menemani saudara mereka. Tak lupa juga mereka, baik Chae Ji Seung dan Chae Hyun Seung ikut menjaga, menghibur, dan mendukung ponakannya.

Pokoknya cara ketiga bersaudara Chae saling bahu membahu membantu satu sama lain itu terlihat begitu manis. Saya bercita-cita kalau hubungan ketiga buah hati saya juga bisa sekompak kakak beradik Chae ini.

 

  1. Setiap anak adalah bintang

Poin ketiga ini dapat banget buat saya yang baru mengikuti perkuliahan bunda sayang di Ibu Profesional. Setiap anak adalah bintang, pelajaran yang bisa diambil dari 3 bersaudara Chae.

Walaupun mereka punya bisnis sendiri, Chae Ji Seung, Chae Yun Seung, dan Chae Hyun Seung tidak memperebutkan siapa yang berhak terhadap bisnis tersebut. Mereka lebih memilih menjalankan pekerjaan sesuai bakat dan minat masing-masing.

Chae Ji Seung memang suka sekali desain dan membuat pakaian, jadilah ia yang melanjutkan bisnis keluarga Chae. Chae Yun Seung, awalnya memilih ibu rumah tangga, tapi di akhir-akhir cerita diceritakan kalau ia membuat bisnis event organizer untuk belajar masak, setelah ia bercerai dengan suaminya. Tentu saja, hal tersebut pas banget buat ibu-ibu yang harus memasak di dapur.

Chae Yun Seung memilih menjadi karyawan pemasaran di perusahaan kosmetik. Ia memang belajar dan mendalami tentang pemasaran, promo, dan dunia bisnis juga, tapi ia suka mengembangkan sebuah produk dan memasarkannya. Di akhir cerita, ia pun membuat proposal kerjasama dengan bisnis kakaknya, Chae Ji Seung untuk menyatukan konsep make up dan baju pernikahan.

Itulah 3 pelajaran yang bisa diambil dari Chae bersaudara. Mau lihat bagaimana keseruan keluarga Chae di dalam drakor Sunbae Dont Put That Lipstick On? Sahabat Lithaetr bisa menonton drakor Sunbae Dont Put That Lipstick On di iQiyi.

Kira-kira, adakah sahabat Lithaetr yang sudah menonton drakor atau membaca webtoon Sunbae Dont Put That Lipstick On ini? Silakan berikan tanggapannya di kolom komentar. Terima kasih.

28 pemikiran pada “3 Pelajaran dari Chae Bersaudara di Drakor Sunbae Dont Put That Lipstick On”

    • Betul kakak. Sang ibu posesif karena tidak mau anaknya tersakiti dan mengalami nasib sepertinya yang dikhianati. Akan tetapi, sang anak enggak suka ibunya menyembunyikan lukanya, jadilah si anak melawan ibunya, agar ibunya bisa jujur terhadap perasannya sendiri.

      Balas
  1. Saya belum nonton, dan baru tahu juga ada drakor ini. Dari 3 pelajaran yang disebutkan, drama ini berhasil membawa pesan positif buat penonton seperti mbak. Saya rasa layak untuk dimasukkan dalam daftar tonton berikutnya. Tfs ulasannya mbak. Ditunggu ulasan drakor lainnya 🙂

    Balas
  2. Aku belum nonton drama ini, padahal aku suka akting rowon di drama sebelumnya.
    Ternyata ada nilai kekeluargaan yang bisa diambil. biasanya kan kalau drakor itu suka saling musuhan untuk menguasai perusahaan keluarga ini malah memilih jalan masing-masing. tapi sebagai kakak tertua tetap profesional dalam mengurus perusahaan.

    Balas
    • Iya kakak. Itulah yang menurut saya menarik dari drakor ini. Kalau drakor lain pasti ada perebutan kursi kekuasaan, tapi kalau di sini, kakak beradik chae memilih pekerjaan sesuai kemampuan dan passionnya masing-masing.

      Balas
  3. Jadi ini ceritanya sahabat ala kakak adek jadi demen ya. Hihihi. kayaknya seru ya lihat interaksi Keluarga Chae. Bener tuh, biasanya kalo orang tua udah meninggal, anaknya ribut-ribut soal warisan, rebutan ini rebutan itu. Apalagi kalo gak ada penengah, alias orang yang disegani, entah itu paman atau bibi. Makin hancur deh itu biasanya hubungan persaudaraannya meski pun sedarah. Update mulu nih drakor ongoingnya Lit. Lanjutkeun….

    Balas
    • Iyuy kakak. Ceritanya ringan dan manis sekali, hahaha. Itu dia kakak, kalau masalah harta warisan itu bahaya. Makanya drakor ini cukup membuat saya kagum dengan kedekatan kakak beradik Chae

      Balas
  4. Saya belum nonton dramanya. Saya jadi penasaran nontonnya setelah membaca ulasan mba Talitha. Banyak nilai positif yang dapat diambil dari drakor ini. Jika ada versi webtoonnya, biasanya drakornya seru untuk diikuti. makasih infonya, mba.

    Balas
    • Nonton kak Bayu. Ceritanya bisa membuka pandangan soal laki-laki terhadap make up juga, bagus. Biasanya laki-laki dan make up itu agak gimana, ya. Di cerita drakor ini, membuktikan kalau dibalik perusahaan kosmetik juga ada prianya, lo.

      Balas
  5. Saya belum pernah menonton. Tetapi, menarik banget pesan-pesannya. Apalagi ada hubungannya dengan parenting. Terkadang gak semua sodara kandung tuh kompak dan akur. Apalagi kalau udah berhubungan ma bisnis

    Balas
    • Betul kakak. Kalau bisnis dan warisan, biasanya bikin agak menjauh, tapi di drakor ini diajak untuk kita belajar menghargai satu sama lain sesama keluarga, khususnya kakak beradik.

      Balas
  6. maju mundur nih kemarin mau nonton “She Would Never Know”

    karena pemainnya nggak saya kenal dan ratingnya rendah pisan (cuma 1-2 persen)

    Alhamdulilah ditulis mbak Talitha, jadi tahu deh kisahnya

    Terimakasih yaaaa

    Balas
  7. Seneng rasanya kalau kita menonton sesuatu yang sarat makna dan pembelajaran ya Mbak. Meskipun beranjak dari sebuah cerita fiktif tapi kesan yang didapat tentunya nyantol banget di hati. Jadi pengen nonton saya.

    BTW, judulnya kok lucu banget ya? Gimana ceritanya berhubungan dengan lipstik? Dan kenapalah ya KDrama itu suka hadir dengan bererot judul?

    Balas
    • Berkaitan dengan lisptik karena pemeran utama bekerja di perusahaan kosmetik identik dengan lipstik. Kemudian, hadiah pemberian si mantan buat pemeran utama perempuan itu lipstik dan pemeran utama laki-laki enggak suka dengan warna lipstiknya itu dan bilang tidak cocok untuk dipakai sama pemeran utama wanita

      Balas
  8. Terkadang, karena ingin melindungi anak, ibu bisa bersikap over protektif dan posesif ya. Dan saat anak makin beranjak dewasa, perlakuan seperti ini dirasa menganggu dalam kehidupan sosialnya

    Balas
  9. Kalo nonton Drakor pastinya yang kuambil adalah pesan moralnya, walaupun dengan kisah yang cukup panjang namun masih tetap enak nonton drakor bareng keluarga atau pas lagi jenuh di kantor.hehe. Ditunggu review drakor selanjutnya kak.

    Balas

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.