Belajar Matematika Lewat 3 Game Online Edukasi Ini, Yuk!

game online edukasi

Assalamualaikum Sahabat Lithaetr, mari masuki dunia lifestyle, parenting, inspirasi, dan hiburan (musik, film, buku, dan drama Korea).

Sebagai orang tua zaman sekarang, saya merasa perlu untuk melakukan sedikit riset terlebih dahulu, sebelum memberikan sesuatu kepada anak-anak, termasuk bermain game online.

Sebab bagi saya dalam permainan apapun itu, kalau bisa anak-anak tetap bisa belajar secara menyenangkan. Apalagi dalam keadaan pandemi seperti ini, mungkin bagi beberapa orang tua sudah mulai kehabisan ide permainan yang mengasyikkan.

Oleh karena itu, saya pun mulai mencari tahu apa sih, kelebihan dan kekurangan kalau anak-anak bermain game online. Setelah membaca dari berbagai sumber, ternyata ada juga lo, manfaat bermain game online untuk anak-anak.

Apakah sahabat Lithaetr, mau mengetahui lebih jauh tentang apa saja sih, manfaat bermain game online bagi anak-anak? Mari diteruskan membacanya di sini, ya.

Manfaat Bermain Game Online Bagi Anak

Ternyata bermain game secara daring itu tidak selamanya buruk, jika tetap memperhatikan beberapa hal, seperti masalah screen time untuk anak-anak dan permainan daring apakah yang boleh dimainkan oleh anak-anak.

Jikalau memperhatikan rambu-rambu tersebut, inilah beberapa manfaat yang dapat diperoleh jika anak-anak bermain game online,

  1. Mengenalkan teknologi

Bagi anak-anak yang hidup di zaman sekarang, mempelajari teknologi sangatlah mudah. Sejak pandemi, anak-anak belajar secara daring sehingga mau tidak mau mereka pun mulai terbiasa hidup berdampingan dengan teknologi.

Oleh karena itu, bermain game secara daring juga bisa menjadi salah satu sarana kita mengenalkan teknologi kepada anak-anak. Mengenalkan kalau ada yang namanya permainan daring, selain aplikasi yang anak-anak gunakan saat belajar daring.

  1. Bisa mengasah keterampilan

Diambil dari klikdokter.com (15/01/2021), ada beberapa keterampilan yang bisa didapatkan anak-anak ketika bermain game online,

– Melatih problem solving dan logika

– Melatih koordinasi tangan dan mata, motorik halus, serta kemampuan spesial

– Mengikuti instruksi dan membuat rencana

– Berpikir cepat, membuat analisa, dan mengambil keputusan dengan cepat

– Melatih strategi dan antisipasi

– Memperkuat memori dan konsentrasi

– Berani mengambil risiko dan melatih cara menghadapi tantangan

Itulah beberapa keterampilan yang bisa didapatkan anak-anak saat bermain game online.

  1. Belajar Bahasa Inggris

Dikarenakan kebanyakan game online menggunakan Bahasa Inggris, anak-anak secara tidak langsung akan belajar Bahasa Inggris. Tentu saja, tetap membutuhkan pendampingan orang tua, ketika anak-anak bermain game online ini.

  1. Membantu anak-anak disleksia

Ternyata, menurut penelitian di Inggris, permainan video games dapat merangsang perhatian dan membantu anak disleksia untuk belajar. Selain itu, video games melatih anak disleksia untuk bisa membaca cepat dengan akurasi yang lebih baik.

  1. Belajar yang menyenangkan

Tidak hanya bagi anak-anak disleksia saja, bermain video games itu adalah sarana belajar yang menyenangkan. Kita juga bisa memilih permainan yang bisa mengedukasi untuk anak-anak sesuai dengan usia dan tingkat pendidikan anak.

Materi pengetahuan akan lebih cepat terserap bagi anak-anak dengan bermain game online, karena ilmu pengetahuannya menjadi lebih mudah dipahami dengan gambar dan video yang interaktif.

Saya pun mempunyai beberapa rekomendasi game online edukasi yang membuat anak-anak belajar matematika. Saya menemukan game online edukasi ini di situs plays.org.

 

Belajar Matematika Lewat 3 Game Online Edukasi

Di situs plays.org ini kita bisa menemukan banyak game online yang bisa dimainkan dan semuanya disediakan secara gratis. Oleh karena itu, kita bisa banget memilih permainan yang sekiranya cocok dan pas untuk anak-anak yang mana, ya.

Sebab, tingkat kesulitan dari game online edukasi yang disajikan oleh situs plays.org ini juga bervariasi. Seperti game online edukasi yang bisa mengenalkan anak-anak belajar matematika berikut ini,

  1. Find The Number: 1-10 Recognition Math Game for Kids

permainan daring edukasi

Permainan Find The Number: 1-10 Recognition Math Game for Kids ini diperuntukkan bagi anak-anak pra sekolah yang baru belajar mengenal angka. Mereka akan diajak untuk menemukan angka 1 sampai 10 dengan Bahasa Inggris.

Buat saya pribadi yang memiliki anak usia pra sekolah, game online edukasi ini cukup membantu mengenalkan lagi angka 1 sampai 10 sekaligus belajar mengelompokkan angka-angkanya dengan tepat.

  1. Food Count: Online Food Counting Addition Game for Children

permainan video game online edukasi

Kalau tadi game online edukasi belajar matematika untuk anak-anak pra sekolah, kalau Food Count: Online Food Counting Addition Game for Children ini diperuntukkan untuk usia SD tingkat awal.

Di permainan ini anak-anak diminta untuk menghitung jumlah makanan sesuai foto yang sudah ditentukkan seperti burger berapa jumlahnya, daging berapa jumlahnya, kentang berapa jumlahnya, dan lain sebagainya.

  1. Freaky Math Advanced: Fast & Exciting Equation Solving Game for Students

bermain video game edukasi

Kalau no 2 untuk anak SD tingkat awal, maka Freaky Math Advanced: Fast & Exciting Equation Solving Game for Students ini bisa untuk anak SD yang sudah kelas 4 ke atas.

Apakah sahabat Lithaetr, pernah mengalami mencongak? Nah, Freaky Math Advanced: Fast & Exciting Equation Solving Game for Students ini mirip mencongak. Soal tambah-tambahan, kita harus menebak jumlahnya benar atau salah secara cepat.

Itulah 3 rekomendasi game online edukasi yang bisa membuat anak-anak belajar matematika. Kira-kira sahabat Lithaetr, tertarik enggak mencoba bermain di situs plays.org? Silakan berikan tanggapannya, ya. Terima kasih.

35 pemikiran pada “Belajar Matematika Lewat 3 Game Online Edukasi Ini, Yuk!”

  1. Seandainya dulu ada games ini mungkin aku akan jadi kesayangan guru Matematika hiks hehhe makasih kak noted banget sharing nya

    Balas
  2. Beberapa waktu lalu aku baru nulis tentang belajar bahasa inggris untuk anak lewat games di plays.org. Dan memang iya, aku banyak banget nemu games yg sebetulnya itu secara gak sadar anak kita belajar matematika sederhana. Senangnya tuh gak perlu install install aplikasi. Wkwkwk. Free lagi.

    Balas
  3. Plays.org ini beneran simple banget loh, dan gamenya juga simple, yang game matematika juga bagus banget ya, bikin anak-anak jadi belajar matematika dengan menyenangkan,kebetulan anak pertama saya agak kurang di matematika, saya bolehin aja dia main game di plays.org 🙂

    Balas
    • Untuk perkenalan biar kasih tahu, kalau matematika itu menyenangkan boleh Bunda. Soalnya anak-anak saya juga suka, karena termasuk menantang. Bisa belajar pengukuran dan panjang pendek juga

      Balas
  4. Wah boleh nih game online edukasi ini buat ponakan saya yg ga suka pelajaran matematika..sepertinya cara belajar menggunakan games online edukasi lebih menarik ya karena disajikan dengan gambar bergerak..kerenn

    Balas
  5. Game online juga jadi media belajar bagi anak2 ya mba. Bahkan matematika pun bisa dipelajari dengan cara menyenangkan melalui sebuah game. Senangnya sekarang ada web tempat bermain game online yg nyaman.

    Balas
  6. Plays.org ini memang banyak banget menyediakan games yang mengedukasi buat anak-anak ya, Kak. Banyak pilihan dan ga perlu download aplikasinya, jadi ga bikin smartphone berat. Ponakan-ponakan saya juga senang bermain di plays.org, karena jenis permainannya ringan juga.

    Balas
  7. Seandainya dari dulu game-game belajar sambil bermain ini sudah ada, saya pasti nggak perlu kesusahan mengajar anak belajar matematika, sayangnya anak saya sudah SMA dan SMP jadi bukan levelnya lagi ya bisa saya share ke adek nih.

    Balas
    • Sebenarnya, ada tahapannya juga kok Bun. Ada level matematika juga buat anak-anak remaja. Tinggal kita sesuaikan saja Bun, cuma mungkin kalau SMP dan SMA akan lebih memilih permainan yang bersosialisasi. Semoga kita bisa diberikan kemudahan dalam mendampingi anak-anak, aamiin

      Balas
  8. Sepertinya Freaky Math Advanced ini cocok buat rekomendasi ponakan daku. Biar makin mahir lagi dia belajar matematika, yang pelajaran lagi sesuatu sih hehe

    Balas
  9. Dengan belajar sambil bermain game matematika, membuat anak-anak jadi menyenangi belajar matematika. Karena pasti akan lebih seru belajarnya ketimbang belajar secara monoton.

    Balas

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.