3 Persamaan dan Perbedaan The Veil dengan One The Woman

drakor the veil

 

Assalamualaikum Sahabat Lithaetr, mari masuki dunia lifestyle, parenting, inspirasi, dan hiburan (musik, film, buku, dan drama Korea).

Terakhir nulis perbandingan 2 drama Korea (drakor) itu The Spy Who Loved Me dengan Private Lives. Oleh karena itu, hari ini mau nulis lagi 2 drakor yang akan dibandingkan, yaitu drama The Veil dengan One The Woman.

Mengapa saya mau menulis drakor The Veil dan One The Woman? Soalnya 2 drama Korea ini sama-sama masih tayang (on going) dan akan tamat sebentar lagi. Selain itu, drama Korea The Veil dan One The Woman ini hari tayangnya sama yaitu Jumat dan Sabtu waktu Korea Selatan.

Penasaran bagaimana ulasan saya tentang 2 drakor tersebut? Silakan terusin membacanya di sini ya, sahabat.

Sinopsis The Veil

Seorang agen elit NIS (National Intelligence Service) bernama Han Ji Hyuk (diperankan oleh Nam Gong Min) yang dinyatakan hilang tiba-tiba ditemukan dalam sebuah kapal ilegal yang melakukan tindakan kriminal dengan berjualan organ-organ manusia.

Hilangnya Han Ji Hyuk saat sedang menjalani sebuah misi mata-mata penting, sehingga terjadi kebocoran informasi agen mata-mata dan menyebabkan rekan-rekannya meninggal karena terbunuh, membuatnya menjadi kunci penting dalam menemukan penghianat yang membocorkan informasi tersebut.

Akan tetapi sayang, kehadiran Han Ji Hyuk belum bisa mengungkapkan penghianat organisasi NIS, karena ia kehilangan ingatan. Agen elit tersebut kehilangan ingatannya tentang kejadian yang terjadi saat misi penting tersebut berlangsung.

Walaupun demikian, kembalinya Han Ji Hyuk ke NIS membuat gusar beberapa orang yang memegang posisi penting di organisasi rahasia tersebut.Bisakah Han Ji Hyuk mendapatkan kembali ingatannya dan berhasil mengungkapkan siapakah yang mengkhianati organisasi NIS? Simak dulu cuplikan adegannya di sini,

 

Sinopsis One The Woman

Setelah kita mengetahui sinopsis The Veil, sekarang saya akan memberitahukan tentang cerita One The Woman. Drakor One The Woman berkisah tentang seorang jaksa perempuan bernama Jo Yeon Ju (diperankan oleh Honey Lee) yang masuk ke kejaksaan demi mengungkapkan kasus tabrak lari nan menimpa neneknya.

Dikarenakan Yeon Ju berasal dari keluarga biasa dan tidak memiliki koneksi, ia pun memutuskan menjadi jaksa yang korup demi membangun relasi dengan orang-orang berkuasa. Perilaku Jo Yeon Ju ini sebenarnya seperti ‘Robin Hood’, ia menerima suap dan uangnya ia bagikan ke keluarga korban. Sementara pelaku dihukum dengan sedikit kekerasan oleh preman-preman kenalan jaksa wanita tersebut.

Dari hasil penyelidikannya, Jo Yeon Ju menemukan keterkaitan antara grup Hanju (salah satu grup terkaya dan ternama) dengan kecelakaan neneknya, sehingga ia memutuskan untuk mengikuti sebuah acara amal yang dibuat oleh keluarga Hanju. Di acara itulah, Jo Yeon Ju mengetahui kalau wajahnya mirip dengan menantu perempuan grup Hanju yang bernama Kang Mina.

Dari acara amal inilah awal semua cerita dimulai, di saat Jo Yeon Ju mengejar tersangka yang mengetahui uang gelap grup Hanju, jaksa wanita itu mengalami kecelakaan dan membuatnya hilang ingatan. Dikarenakan hilang ingatannya tersebut, ia pun menjadi Kang Mina segera setelah sadar dari sakitnya.

Tidak hanya itu, wanita amnesia tersebut juga harus bertarung memperebutkan posisi tertinggi di grup Yumin (grup yang terkenal karena bisnis hotelnya), dikarenakan ayah, ibu, dan saudara-saudara kandungnya mengalami kecelakaan naas jatuh dari pesawat, saat akan menghadiri pembukaan salah satu cabang hotel mereka.

Dari situlah petualang wanita amnesia ini dimulai. Bagaimana ia harus menghadapi sikap negatif baik dari grup Hanju maupun grup Yumin. Hanya ada satu orang yang berusaha membantunya, seorang pria bernama Han Seung Wook (diperankan oleh Lee Sang Yoon), yang adalah saudara sepupu suaminya.

Akankah Jo Yeon Ju mendapatkan kembali ingatannya dan berhasil mengungkapkan siapa pelaku tabrak lari neneknya? Apakah Han Seung Wook orang yang baik ataukah ia membantu Jo Yeon Ju karena ada niat balas dendam terselubung kepada pamannya yang sekarang memimpin grup Hanju? Silakan simak dulu cuplikannya berikut ini,

 

3 Persamaan The Veil dengan One The Woman

Setelah mengetahui gambaran cerita dari drakor The Veil dan One The Woman, kira-kira sahabat sudah bisa menebak belum apa persamaan dari kedua drama Korea tersebut, yang sekaligus menjadi alasan saya menonton 2 cerita tersebut.

  1. Dibintangi oleh aktor kawakan

nam gong min the veil

Baik The Veil maupun One The Woman, sama dibintangi oleh aktor kawakan Korea Selatan. Kalau drakor The Veil diperankan oleh Nam Gong Min sebagai pemeran utamanya, sementara One The Woman pemeran utama laki-lakinya itu Lee Sang Yoon.

Kira-kira sahabat yang pernah nonton drama Korea sudah ada yang tahu dengan mereka? Kalau belum, saya bocorin sedikit deh, tentang 2 aktor itu. Nam Gong Min termasuk aktor favorit saya dan dia aktor serba bisa.

Saya sudah nonton beberapa karya Nam Gong Min seperti The Girl Who Sees Smells, Remember, Beautifull Gong Shim, Chief Kim, Falsify, Hot Stove League, dan Awaken. Berperan sebagai orang baik dan jahat pernah dia jalani, makanya saat tahu The Veil dia yang main, saya langsung mau nonton.

Soalnya Nam Gong Min sudah berpengalaman dan dia tetap bisa memberikan kejutan dalam setiap karakternya. Buktinya di The Veil ini, Nam Gong Min rela membesarkan badannya agar terlihat lebih berotot demi karakternya sebagai agen elit NIS.

Sementara untuk aktor Lee Sang Yoon, saya suka 2 drakornya yaitu About Time dan VIP. Di About Time dia menjadi seorang pria yang tulus mencintai pasangannya, tapi di VIP Lee Sang Yoon jadi suami yang selingkuh dari istrinya.

Ia pun sudah jadi aktor kawakan di Korea Selatan, jadilah saya penasaran akan berperan sebagai apa Lee Sang Yoon, di One The Woman. Itulah alasan sekaligus persamaan pertama antara drama Korea The Veil dan One The Woman.

  1. Peroleh rating tinggi

Persamaan dan alasan kedua drakor The Veil dan One The Woman layak untuk ditonton. Dilansir dari soompi.com (02/10/2021), drama komedi yang dibintangi oleh Honey Lee dan Lee Sang Yoon memperoleh pencapaian pemirsa tertinggi.

Menurut Nielsen Korea, episode terbaru One The Woman mencetak peringkat nasional rata-rata 13,4% dan menandakan drama One The Woman menempati posisi puncak dengan mengesankan penonton sebesar 18%.

Sementara drama The Veil yang dibintangi oleh Nam Gong Min, naik ke peringkat nasional rata-rata 9,4%. Angka ini membuktikan kalau drama Korea The Veil juga mengalami lonjakan yang signifikan daripada minggu lalu.

  1. Pemeran utamanya amnesia

honey lee one the woman

Baik The Veil dan One The Woman, pemeran utamanya yaitu Han Ji Hyuk (dibintangi Nam Gong Min) dan Jo Yeon Ju (dibintangi Honey Lee), diceritakan hilang ingatan. Mereka pun berusaha mendapatkan kembali ingatannya yang hilang.

Sebenarnya saya itu kurang begitu suka dengan cerita hilang ingatan, karena saat almarhumah mama sakit pemecahan pembuluh darah otak, beliau sempat hilang ingatan pada memori terbarunya. Jadilah dia suka lupa kalau sudah makan apa belum dan ingatnya saya itu berusia 13 tahun, padahal saya saat itu sudah semester 3 di kuliah.

Saya tahu benar, tidak nyamannya orang yang kehilangan ingatan dan memulihkan memori itu dibutuhkan terapi serta dukungan yang terus menerus. Jadi saat menonton drakor The Veil dan One The Woman, sedikit mengungkit kenangan lama bersama almarhumah mama.

 

3 Perbedaan The Veil dengan One The Woman

Setelah mengetahui persamaan, marilah kita ketahui perbedaan antara The Veil dan One The Woman,

  1. The Veil drama serius, sementara One The Woman drama komedi

Walaupun sama-sama mengangkat tema hukum, kriminal, dan aksi, sekaligus pemeran utamanya hilang ingatan, tapi The Veil dan One The Woman punya alur cerita yang berbeda.

Kalau drakor The Veil alur ceritanya serius dan di setiap episodenya penonton diajak untuk menebak, mengira, serta berpikir siapakah penjahatnya. Sementara drakor One The Woman sudah jelas siapa penjahatnya, tinggal bagaimana pemeran utama menghadapi persoalan-persoalan dari pemeran antagonisnya. Kemudian pemecahan teka teki di tiap episodenya One The Woman dibuat lebih ringan dan diselengi oleh komedi, yang bisa membuat penonton tertawa.

  1. The Veil diproduksi dengan budget besar, sementara tantangan dan tekanan dialami oleh sutradara One The Woman

Diambil dari sumber popbela.com (17/09/2021), drama The Veil ini dideskripsikan sebagai tayangan blockbuster dengan budget atau anggaran besar, yaitu senilai 15 miliar won atau setara dengan sekitar Rp 182 miliar. Sebab, The Veil merupakan proyek khusus untuk menandai ulang tahun ke-60 stasiun televisi MBC.

Sementara, Sutradara Choi Young Hoon mendapatkan tantangan dan tekanan ketika waktu penayangan One The Woman rilis, mengapa? Sebab, waktu penayangan One The Woman menggantikan slot tayang drakor Penthouse. Yang mana drakor Penthouse ini mendapat banyak perhatian dari pemirsa dan sukses besar, tidak hanya di Korea Selatan tapi juga berbagai negara, termasuk Indonesia.

Oleh karena itu, Sutradara Choi Young Hoon merasa mendapatkan tantangan dan tekanan. Ia mengaku kalau mungkin tak akan mampu melampui kesuksesan Penthouse, tapi Sutradara Choi Young Hoon akan mencoba mencari cara agar rating One The Woman juga baik dan tinggi. Usaha Sutradara Choi Young Hoon juga sudah mulai terbukti, lo. Iya kan, sahabat?

  1. Nam Gong Min melakukan banyak aksi, Honey Lee memainkan 2 karakter

one the woman

Walaupun sama-sama kehilangan ingatan, tapi pemeran utama The Veil, Nam Gong Min dan One The Woman, Honey Lee memiliki perkembangan karakter yang berbeda. Kalau Nam Gong Min di The Veil banyak melakukan adegan aksi.

Mulai dari bertarung, menembak, mengebut mengejar penjahat, memecahkan kode rahasia, karena Nam Gong Min berperan sebagai agen elit NIS atau mata-mata. Sementara Honey Lee dalam One The Woman dituntut untuk memerankan 2 karakter berbeda yaitu Jo Yeon Ju dan Kang Mina.

Jo Yeon Ju adalah seorang jaksa, yang sikapnya seperti Robin Hood, sementara Kang Mina adalah pewaris kaya grup Yumin yang sering mendapatkan perlakuan buruk dari keluarganya sendiri maupun di keluarga suaminya grup Hanju. Dikarenakan hal itulah Jo Yeon Ju berusaha melawan agar Kang Mina sedikit mendapatkan harga diri dan dipandang di mata keluarganya.

Oke, itulah 3 persamaan dan perbedaan The Veil dan One The Woman. Membaca ulasan di atas, kira-kira sahabat lebih memilih nonton yang mana, nih? Silakan berikan tanggapannya, ya. Terima kasih.

17 pemikiran pada “3 Persamaan dan Perbedaan The Veil dengan One The Woman”

  1. Ide ceritanya itu keren sih drakor tuh. Pasti keliatan real banget buat dua drakor itu. Sepertinya aku harus nonton nih Mba

    Balas
  2. Alur cerita drakor bervariasi ya. Keren-keren. Lama-lama saya bisa dibikin penasaran nih, soalnya sering banget baca sinopsis drakor di blog teman-teman. Apalagi saya lagi rutin ngulik Netflix, hahaha…

    Saya pilih The Veil, karena alur ceritanya yang tidak mudah ditebak. Nah saya suka nih film-film yang kita yang nonton juga ikut mikir. istilahnya plot twist gitu ya.

    Makasih ya ulasannya, nanti saya tampung dulu deh. kalau ada waktu luang, pengen sih sesekali nonton drakor.

    Balas
  3. Masukin list dulu aah,, The Veil dan One The Woman yaa Cinggu Litha… saya kayak kura2 nih nontonnya, cm bs di weekend aja ngedrakornya. Ini The Penthouse 3 udah dilupain, abis Squid game, sekarang mantengin High Class yg lg on going dan br nonton Hwarang eps 18.Aigoo inget Nam Gong Min, inget koki pembunuh berantai deh yaa

    Balas
  4. Saya udah move on dari drama romance korea. Sekarang lebih suka romance-nya China. Tapiiiiiii, gak bisa move on dari drama-drama action thriller korea kayak The Veil ini. Jadi gak sabar juga nungguin drama terbaru Lee Joon Gi yang Again My Life tayang 2022. Katanya temanya masih seputar jaksa muda juga.

    Balas
  5. Seru…. Nyimak review macam ini aja jadi berasa kayak nonton dramanya, meskipun singkat banget dan malah bikin penasaran pengen nonton deh… Tapi nunggu udah selesai dulu aja lah biar gak penasaran hehe

    Balas

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.