Universitas di Bandung yang Punya Kelas Karyawan

Universitas di Bandung yang Punya Kelas Karyawan

universitas di bandung

 

Assalamualaikum Sahabat Lithaetr, mari masuki dunia lifestyle, parenting, inspirasi, dan hiburan (musik, film, buku, dan drama Korea).

Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang menempuh jalan untuk menuntut ilmu maka Allah akan mudahkan baginya jalan menuju surga.” (HR Muslim).

Pesan berikut memiliki makna kalau kita sebaiknya selalu belajar sepanjang hayat. Namun terkadang alasan seperti tidak punya waktu setelah bekerja atau menjadi karyawan, membuat keinginan untuk belajar menjadi memudar.

Padahal dalam Islam, menuntut ilmu terus menerus begitu digaungkan, karena itu biar kita tetap bisa belajar walaupun sudah menjadi karyawan adalah dengan mencari tempat seperti universitas yang menyediakan kelas untuk pegawai.

Memang ada? Tentu saja ada, universitas di Bandung ada kok, yang punya kelas Karyawan. Enggak percaya? Tetap terusin membacanya di sini ya, sahabat Lithaetr.

Kenalan sama Ma’soem University

ma'soem university

Melanjutkan pembicaraan tentang universitas yang punya kelas karyawan di Bandung, maka kita akan berkenalan dengan Ma’soem University. Universitas ini adalah bagian dari lembaga pendidikan yang dibentuk oleh Yayasan Al Ma’soem.

Ma’soem University terletak di Jalan Raya Cipacing No. 22 Jatinangor, Bandung, Jawa Barat dan universitas ini memiliki tujuan mulia.

Inilah tujuan mulia Ma’soem University,

  1. Menghasilkan lulusan yang berkualitas, berjiwa entrepreneur dan profesional dalam berbagai disiplin ilmu yang dikembangkan

  2. Menghasilkan penelitian dan produk yang berkualitas dan dapat berperan meningkatkan daya saing nasional

  3. Menyelenggarakan layanan pengabdian kepada masyarakat secara profesional

  4. Menyelenggarakan pendidikan berstandar nasional melalui kemitraan dan jejaring nasional, regional maupun global, dan

  5. Menghasilkan civitas akademika dengan karakter Cageur (sehat), Bageur (baik), Pinter (pintar)

Itulah tujuan-tujuan mulia Ma’soem University. Universitas yang terletak di Bandung ini memiliki fasilitas kampus yang sangat mumpuni, mulai dari ruang kelas yang nyaman, berbagai macam laboratorium belajar, perpustakaan, ruang studio rekaman dan podcast, berbagai macam lapangan olahraga, kantin, mushola, dan lain sebagainya.

Yang mana fasilitas mumpuni tersebut dimaksudkan untuk menunjang belajar mengajar di Ma’soem University dan kampus ini memiliki 4 fakultas.

Berikut ini adalah 4 fakultas yang dimiliki Ma’soem University,

  1. Fakultas Ekonomi Bisnis Islam

– Perbankan Syariah (S1)
– Manajemen Bisnis Syariah (S1)
  1. Fakultas Komputer

– Sistem Informasi (S1)
– Digital Bisnis (S1)
– Manajemen Informatika (D3)
– Komputerisasi Akuntansi (D3)
  1. Fakultas Pertanian

– Agribisnis (S1)
– Teknologi Pangan (S1)
  1. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

– Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
– Bimbingan dan Konseling (S1)

Bagaimana fakultas-fakultas yang dimiliki universitas di Bandung ini menarik, kan? Selain itu, yang membuat Ma’soem University semakin spesial adalah memiliki kelas karyawan. Tawaran yang membuat para karyawan bisa melanjutkan pendidikannya.

 

Universitas di Bandung yang tawarkan kelas karyawan

kelas karyawan di bandung

Kelas karyawan di Bandung ya, ada di Ma’soem University ini merupakan sebuah tawaran bagi orang-orang yang ingin bekerja sambil kuliah. Pendidikan yang merupakan sebuah jenjang penting, tapi terkadang hambatan biaya dan waktu bisa membuat seseorang terhenti belajarnya.

Oleh karena itu, saat sudah bekerja keinginan melanjutkan pendidikan suka muncul dan Ma’soem University memberikan kesempatan tersebut dengan adanya kelas karyawan. Memang kuliah sambil bekerja memiliki tantangan, tapi jika kita bisa fokus dan membagi waktu dengan baik, kita dapat berhasil menjalani keduanya.

Ada 5 tips agar kuliah sambil kerja bisa berjalan dengan baik,

  1. Cari jurusan atau fakultas yang mendukung kerjaan kita saat ini

Saat akan memutuskan ingin melanjutkan pendidikan saat sudah bekerja, yang pertama perlu dilakukan adalah mencari jurusan atau fakultas apa nan dapat menunjang pekerjaan kita saat ini. Kalau mau coba daftar ke universitas yang punya kelas karyawan seperti Ma’soem University, bisa banget.

 

  1. Fokus terhadap kegiatan kerja dan kuliah

Kalau sudah memutuskan untuk bekerja sambil kuliah, maka kita perlu fokus yang dibagi menjadi 2 bagian yang sama penting. Sesudah itu, kegiatan-kegiatan lain bisa ditunda dahulu, hingga masa kuliah kita selesai.

Sebab, membagi fokus ke dua kegiatan sama penting tidaklah mudah, karena itu sebaiknya tidak perlu menambahkan lagi kegiatan-kegiatan lain yang bisa membebani 2 fokus utama tersebut.

 

  1. Izin dengan atasan

Tindakan selanjutnya yang perlu dilakukan setelah membagi 2 fokus utama adalah izin kepada atasan kita. Hal ini perlu dilakukan agar atasan paham soal kegiatan kita di luar kantor dan bisa sebagai sarana diskusi untuk memilih waktu untuk kuliah.

 

  1. Membagi waktu dengan baik

Semisal sudah berbicara dengan atasan, langkah selanjutnya adalah membagi waktu dengan baik antara kerja dan kuliah. Jangan sampai atasan kecewa dengan kinerja kita menurun, semenjak kuliah. Memang membagi waktu dengan baik ini menjadi kunci pentingnya.

 

  1. Manfaatkan teknologi

Sejak pandemi kita terbantu dengan adanya teknologi, karena itu ketika memutuskan bekerja sambil kuliah, kita juga bisa memanfaatkan teknologi. Dengan teknologi kita bisa mengefisiensikan waktu dan bisa lebih efektif bila mengerjakan tugas kuliah maupun pekerjaan.

Menjadi karyawan yang juga kuliah mengapa tidak? Kan, bisa daftar di universitas di Bandung yang punya kelas karyawan seperti Ma’soem University. Silakan berikan tanggapan tentang kuliah sambil kerja ya, sahabat Lithaetr, agar buat teman-teman yang ingin mencoba kegiatan tersebut ada gambaran. Terima kasih.

25 pemikiran pada “Universitas di Bandung yang Punya Kelas Karyawan”

  1. Waa ada bimbingan dan konselingnya. Jadi pengen kuliah lagi deh. Cuma mentok dibiaya. Heheheh. Jd ingat jaman D3 dl kuliah sambil kerja. Bener kata Mbak Lita harus fokus, izin dg atasan, dn memanfaatkan teknologi.

    Balas
  2. Keren juga ya Kak, ada kelas khusus karyawan. Jadi mereka bisa tetap dapat ilmu walau sudah bekerja.

    Kalau di kampus Teddy itu namanya PPAPK Kak, kelasnya Malam dan memang diisi oleh mereka yang sudah bekerja biasanya.

    Terima Kasih Kak.

    Balas
  3. Fakultasnya pilihan sih ini, apalagi kampus Ma’soem juga suasananya mendukung buat semangat belajar ya. Cuss…fokus, fokus, biar IPK nya sesuai harapan

    Balas
  4. Sebagai orang Bandung , terlebih sekarang tinggal di Jatinangor. terasa familier banget tulisan ini
    Ma’soem University emang hebat ya?
    Merintis dari perusahaan kemudian membangun sekolah SD SMP dst akhirnya Universitas karena paham setiap waktu perusahaan dibangun
    Tetapi bahkan gak 10 tahun sekali lembaga pendidikan berdiri
    Sementara mayoritas warga kita hanya lulus SD

    Balas
    • MashaAllah, luar biasa ya, Yayasan Ma’soem ini. Yayasan ini memang berdiri karena rasa ingin membangun masyarakat lewat jalur pendidikan, agar menjadi entrepreneur yang beradab

      Balas
  5. Keberadaan kelas karyawan di Ma’soem University tentunya membantu dan akan memberikan kesempatan bagi seorang karyawan untuk bisa menempuh pendidikan tinggi demi upgrade diri . Adik ipar saya dulu juga begitu, ambil program D1 setamat SMA lalu kerja, beberapa tahun kemudian sambil kuliah di kelas karyawan. Alhamdulillah kariernya makin naik setelah lulus dari sana.

    Balas
  6. Kelas karyawan ini yang paling banyak dicari, apalagi semakin tinggi tingkat pendidikan, uang masuknya juga gede, hihi

    Sering liat iklannya muncul di google, next mungkin bisa jadi pilihan untuk lanjut deh.. hehe

    Balas
  7. Ma syaa Allah Yayasan Ma’soem ini, peduli sama dunia pendidikan. Kelas karyawan ini juga pasti banyak diminati, karena orang sudah banyak yang mau meng-upgrade ilmu terus saat ini, apalagi tuntutan jaman juga ya. Walau enggak mudah pasti jalaninnya, perlu tekad kuat itu, karena waktunya terpakai seharian ya ….

    Balas
  8. Kelas karyawan ini juga pasti banyak diminati, karena orang sudah banyak yang mau meng-upgrade ilmu terus saat ini, apalagi tuntutan jaman juga ya. Walau enggak mudah pasti jalaninnya, perlu tekad kuat itu, karena waktunya terpakai seharian ya

    Balas

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.