Pages

Sunday, December 17, 2017

6 Sebab Mengapa Drakor Menjadi Dicintai

Berkembangnya drama korea (drakor) hingga ke seluruh dunia termasuk Indonesia membuat penulis ingin mengulas lebih jauh mengapa drakor ini begitu dicintai. Selain karena para aktor dan aktrisnya yang rupawan, menurut penulis 6 sebab inilah yang mampu membuat penonton jatuh cinta.

1. Berani mengangkat tema budaya dan sejarah
Sumber gambar dari hipwee.com
Drakor tidak semata-mata menyajikan hiburan semata tapi di dalam beberapa cerita drakor ada unsur sejarah dan budaya yang diangkat. Bahkan beberapa tema cerita pun diambil berdasarkan cerita atau tokoh sejarah yang benar-benar pernah terjadi di Korea.

Buat penonton yang mau nonton drakor dan suka dengan sejarah ini adalah salah satu pilihan yang cocok untuk kamu tonton. Drakor bertema sejarah ini lebih dikenal dengan istilah Saeguk. Beberapa drakor Saeguk pun meraih sukses, seperti Jewel in the palace, Dong Yi, Empress Ki, Love in the moonlight, dan Scarlett heart Ryeo.

2. Membangun karakter tokohnya secara riset dan baik
Sumber gambar dari gogirl.id
Penggemar drakor (kdrama lovers) biasanya jatuh cinta sama karakter tokoh dalam drakornya. Karena beberapa karakter tokoh dalam drakor terkesan begitu sempurna. Seperti tokoh Yoo Si jin dalam drakor Descedants Of The Sun. Yoo Si jin begitu dicintai karena tergambar sebagai seorang tentara yang baik hati, tampan, dan romantis, riset dalam membangun karakter ini top banget deh.
Sumber gambar dari gogirl.id
Selain itu, drakor pun membangun karakter itu benar-benar memikirkan latar belakang masa lalu, seperti ada traumatik di masa kecil, akan berdampak besar bagi psikologis seseorang di kemudian hari. Contohnya dalam drakor Kill me, Heal me, sosok Cha Do Hyun yang memiliki kepribadian ganda karena ada traumatik di masa kecil.

3. Menggunakan teknologi terkini dan biaya yang maksimal
Sumber gambar dari gogirl.id
Untuk membuat sebuah drakor para sineasnya tidak tanggung-tanggung dalam berkarya. Di dalam pembuatan sebuah drakor juga menggunakan teknologi terkini loh, seperti drakor goblin, untuk adegan sang goblin menghancurkan sebuah kapal. Untuk memberikan visual effek yang maksimal drakor goblin menggunakan teknologi CGI (Computer Generated Imagery) canggih loh jadi kebayang juga kan harga yang dibutuhkan untuk adegan itu?

Selain teknologi di proses editing (paska syuting), saat proses syuting sedang berlangsung pun dalam mengambil angle gambar untuk sebuah adegan pun tidak main-main. Seperti adegan saat goblin dan malaikat maut akan menyelamatkan Ji Eun Tak, keren banget kan gambarnya?
Sumber gambar dari gogirl.id
4. Jumlah episode yang singkat, membuat jalan cerita lebih jelas dan tidak bertele-tele

Jumlah episode di drakor cukup singkat hanya sekitar 16 episode, 20 episode, 40 episode, dan 60 episode (biasanya untuk drakor bertema sejarah dan cerita sehari-hari). Karena jumlah episodenya yang sedikit itulah membuat jalan ceritanya lebih jelas dan tidak bertele-tele.

5. Drakor menghadirkan make up yang natural dan trend mode yang fresh

Drakor selalu memberikan tampilan (looking) yang enak dilihat, dipandang, wajar, dan sesuai. Make up yang natural dan dipadukan dengan trend mode yang sesuai sudah sangat membuat tokoh dalam drakor menjadi dicintai.
Sumber gambar dari soompi.com
Make up dan pakaiannya pun disesuaikan sesuai karakter si tokoh dan tokoh berprofesi sebagai apa. Kalau drakornya bertema tentang kedokteran maka bajunya pun akan disesuaikan dengan profesi tersebut. Kalau bertema hukum maka bajunya pun juga menyesuaikan.

5. Memiliki soundtrack lagu yang tepat
Sumber gambar dari gogirl.id 
Namanya nonton drakor itu tidak lengkap jika tidak mendengarkan soundtracknya. Kdrama lovers biasanya kalau sudah jatuh hati sama drakornya pasti akan suka juga dengan soundtracknya, ini sudah seperti satu paket komplit deh pokoknya.

Tim produksi drakor itu pintar dalam menata lagu-lagunya agar tepat saat ditaruh kedalam sebuah adegan. Sehingga lagu ini nantilah yang akan membuat suasana dari sebuah adegan menjadi hidup dan dicintai oleh penonton.

6. Masih memberikan pesan-pesan moral yang positif

Drakor juga memiliki tema cerita yang menjual mimpi, namun tidak semata-mata karena keajaiban saja si tokoh cerita mampu meraih mimpinya tersebut. Si tokoh tetap digambarkan sebagai sosok yang harus bekerja keras untuk meraih mimpinya.

Sikap-sikap seperti tidak pantang menyerah, punya kebanggaan terhadap diri sendiri, dan terus berusaha mencari solusi untuk setiap masalah masih terdapat dalam tokoh-tokoh di dalam drakor. Seperti drakor Fight for my way.
Sumber gambar dari soompi.com
Beberapa tema cerita tentang keluarga pun biasanya benar-benar diperlihatkan bagaimana cara si tokoh berjuang dan mencintai demi keluarganya. Seperti Five Children.
Sumber gambar dari asianwiki.com
Nah itulah tadi 6 sebab mengapa drakor begitu dicintai. Bagaimana sahabat apakah kamu setuju? Sudah tertarik untuk nonton drakor berikutnya?

Sumber referensi artikel diambil dari koran Tempo (10/07/2011), hipwee.com (01/08/2017), liputan6.com (04/08/2017), dan gogirl.id (15/12/2017).

No comments:

Post a Comment