7 Soundtrack Drakor Berjaya di Tangga Lagu

7 Soundtrack Drakor Berjaya di Tangga Lagu

soundtrack drakor berjaya di tangga lagu

 

Assalamualaikum Sahabat Lithaetr, mari masuki dunia parenting, inspirasi, dan hiburan (musik, film, buku, dan drama Korea).

Apa sih, yang membuat sahabat Lithaetr, tetap semangat menjalani hari? Salah satu cara saya untuk semangat adalah dengan mendengarkan musik. Salah satu musik yang suka saya dengarkan adalah lagu dari soundtrack drama Korea (drakor) atau film-film kesukaan.

 

Enggak semua drakor yang saya tonton, soundtracknya juga saya suka. Untuk soundtrack (ost) ini, saya merasa memiliki kriteria tertentu agar lagu tersebut bisa terus menjadi salah satu musik yang akan saya putar ulang. Apa sajakah kriteria tersebut? Ikutin terus tulisan saya di sini, ya.

Dahulu di saat saya hendak menyelesaikan gelar sarjana, saya yang kuliah di jurusan penyiaran, haruslah membuat sebuah karya dalam bentuk video atau suara atau campuran keduanya. Saat itu, saya memutuskan untuk membuat drama musikal sederhana dan saya masih teringat betul detil proses pembuatannya.

 

Saat membuat lagunya, saya mendapatkan banyak sekali pelajaran dari rekan-rekan pemusik atau composer pertama, yang membantu saya. Mereka mengatakan, musiklah yang nantinya akan menghidupkan suasana dalam setiap adegan dalam film. Musiklah yang nantinya akan membuat momen atau kenangan dalam setiap adegan. Musik soundtrack yang baik itu adalah yang bisa menjadi satu napas untuk jalan ceritanya.

 

Soundtrack drakor kesukaan Lithaetr

Pesan-pesan itulah yang akhirnya membuat saya mencintai soundtrack drakor, yang begitu saya mendengarkan lagunya langsung bisa membayangkan adegan demi adegan dalam ceritanya. Inilah sountrack drakor kesukaan versi Lithaetr,

1. 5 Soundtrack Drakor Lawas yang Bikin Susah Move On
2. 7 Soundtrack Drakor Kekinian yang Masih Nempel di Kepala

 

Nah, ternyata dari beberapa soundtrack drakor kesukaan Lithaetr tersebut, ada juga yang berjaya di tangga lagu musik, lo. Seperti yang sudah saya singgung tadi di awal, kalau soundtrack musik yang baik itu yang bisa menjadi satu napas untuk jalan ceritanya, maka wajar jika musik sountrack drakor berjaya di tangga lagu, biasanya drakornya pun juga berprestasi di beberapa ajang penghargaan.

 

Soundtrack drakor berjaya di tangga lagu musik

Mau tahu drakor apa saja yang berprestasi dan musik soundtrack drakor berjaya di tangga lagu juga? Inilah daftarnya,

1) Descendants of The Sun

Descendants of The Sun, adalah drakor yang banyak memperoleh prestasi di tahun 2016. Seiring dengan kepopuleran drakor ini, soundtracknya pun menjadi kesukaan banyak orang, seperti Everytime dan Always.
Lagu Always yang dinyanyikan Yoon Mirae, sempat menjadi soundtrack drakor berjaya di tangga lagu musik.

 

2) Goblin

Goblin juga menjadi drakor terfavorit hingga saat ini. Maka wajarlah kalau soundtrack drakor berjaya di tangga lagu, seperti Stay With Me yang dinyanyika oleh Chanyeol Exo berduet dengan Punch.

 

3) Sky Castle

Sky Castle, adalah salah satu drakor yang saya hindari atau say no to this drakor. Tapi saya enggak bisa menutup mata terhadap prestasi dari Sky Castle ini, bahkan soundtrack drakor berjaya di tangga lagu dan memenangkan kategori ost award dalam Korea Drama Awards 2019.

 

Soundtracknya yang memenangkan penghargaan tersebut adalah We All Lie, yang dinyanyikan oleh Han Jin.

 

4) Hotel De Luna

Hotel De Luna, menjadi salah satu drakor kesukaan saya. Jadi, saya sangat senang begitu soundtrack drakor berjaya di tangga lagu, yaitu A Poem Titled You, yang dinyanyikan Taeyeon SNSD. Lagu ini langsung merajai tangga lagu di Korea, seperti Bugs, Genie, Naver, Soribada, dan Melon, kurang lebih 3 jam setelah soundtrack ini dirilis.

https://www.youtube.com/watch?v=h8bFafG8NdA

 

5) Crash Landing on You

Crash Landing on You, menjadi salah satu drakor yang membuat para penggemar berharap cinta pasangan dalam dramanya bisa menjadi kenyataan di dunia nyata. Wajarlah ya, kalau soundtrack drakor berjaya di tangga lagu, apalagi yang menyanyikan lagu soundtracknya IU (salah satu penyanyi solo terbaik Korea saat ini).
IU ini juga enggak cuma jago dalam bernyanyi, tapi juga berakting. Hotel De Luna yang dibintanginya juga berprestasi. Jadi, kalau dia menyanyikan lagu soundtrak sebuah drakor bisa membuat adegan semakin hidup, ya wajar.

I Give You My Heart yang dinyanyikan IU, berhasil memuncaki chart realtime di Korea dengan cepat setelah rilis pada 15 Februari 2020, lalu. Sampai banyak yang mengcover lagunya, salah satunya pemain biola atau musisi terkenal di Korea Jun Curry Ahn atau Jun Sung Ahn,

 

6) Itaewon Class

Itaewon Class, drakor yang katanya menjadi inpirasi bagi kaum muda kekinian untuk berani menjadi pengusaha dan mengejar mimpi. Drakor ini tidak hanya kuat di segi cerita tapi juga musik soundtracknya. Soundtrack drakor berjaya di tangga lagu chart musik kpop Instiz sejak dirilis.
Lagu Start yang dinyanyikan Gaho, masih berada di peringkat ke-3 tangga lagu musik kpop Instiz sejak akhir April 2020 hingga awal Mei 2020. Ini nih, lagunya,

 

7) Hospital Playlist

Hospital Playlist, adalah drakor yang memberikan cerita medis versi kekinian, yaitu dipadukan dengan musikal. Drakor yang rencananya akan memiliki musim kedua untuk penanyangannya ini memberikan drama fever ke penggemar kdrama (sebutan lain bagi drakor).

 

Drakor yang hingga kini sangat dinantikan musim penanyangan berikutnya ini menancapkan beberapa soundtrack drakor berjaya di tangga lagu. Tidak tanggung-tanggung ada 4 soundtrack drakor berjaya di tangga lagu di Top 10 Gaon Chart edisi awal Juni 2020. Inilah salah dua-nya soundtrack kesukaan saya,

 

 

Itulah 7 soundtrack drakor berjaya di tangga lagu, yang sekaligus drakornya juga berprestasi di beberapa ajang pernghargaan sekaligus memberikan drama fever nan luar biasa. Kalau sahabat Lithaetr, pernah enggak jatuh cinta sama soundtrack dari drakor atau film? Kalau pernah silakan, dijawab di kolom diskusi dan komentar, ya, Terima Kasih.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.