9 Cara Mengatasi Kulit Kepala Kering dengan Bahan Alami

9 Cara Mengatasi Kulit Kepala Kering dengan Bahan Alami

Cara Mengatasi Kulit Kepala Kering

 

Assalamualaikum Sahabat Lithaetr, mari masuki dunia parenting, inspirasi, dan hiburan (musik, film, buku, dan drama Korea).

 

Kali ini, saya mau bercerita dan berbagi pengalaman tentang cara mengatasi kulit kepala kering dengan bahan alami. Soalnya masalah kulit kepala kering ini yang paling sering saya alami.

Kalau sudah terjadi masalah kulit kepala kering, pasti kulit kepala menjadi gatal dan terkesan menjadi berketombe. Sudah pasti hal ini sangat membuat tidak nyaman, apalagi kalau sudah menyebabkan iritasi sehingga membuat luka di kulit kepala. Duh, sangat tidak mengenakkan.

Oleh karena itu, saya pun mencoba beberapa bahan alami yang bisa mengatasi kulit kepala kering. Mau tahu apa saja itu? Ikutin terus cerita pengalaman saya di sini, ya.

Penyebab Kulit Kepala Kering

Ada beberapa penyebab mengapa kulit kepala bisa menjadi kering, sehingga bisa menimbulkan kulit kepala gatal,

  1. Eksim

Ternyata penyakit kulit yang satu ini juga bisa menyerang kulit kepala. Biasanya eksim ini menyerang anak-anak dan bayi. Penyebab timbulnya penyakit kulit ini belum diketahui dengan jelas. Akan tetapi eksim ini ada karena adanya dugaan terkait dengan respons sistem kekebalan tubuh pada zat atau unsur yang menyebabkan iritasi.

  1. Psoriasis

Kondisi kulit kepala kering akibat psoriasis itu kulit kepalanya akan memerah serta bersisik akibat berlapis-lapis kulit yang terkelupas dan menumpuk. Sebagian ahli berpendapat kalau penyakit kulit ini disebabkan oleh gangguan pada sistem kekebalan yang menyebabkan kulit tumbuh terlalu cepat dan mudah mengelupas.

  1. Dermatitis Seboroik

Penyakit kulit ini disebut juga dengan sebutan eksim seboroik atau psoriasis seboroik. Dermatitis seboroik dapat membuat kulit memerah, kulit kepala bersisik, serta timbul ketombe. Jika sahabat menganggap kondisi ini disebabkan oleh kurangnya kebersihan diri, maka kamu keliru. Penyebab pastinya penyakit kulit ini belum diketahui, namun diduga disebabkan oleh peradangan yang berhubungan dengan psoriasis atau jamur Malassezia yang berada di kulit kepala.

Selain karena 3 penyakit kulit di atas, kulit kepala kering juga bisa disebabkan oleh udara yang dingin dan kering, serta dermatitis kontak terhadap produk untuk rambut, kemudian juga karena faktor usia. Agar kondisi tersebut tidak bertambah parah, memang ada baiknya perlu tahu cara mengatasi kulit kepala kering dengan bahan alami.

Baca juga:

5 alasan mengapa gula bisa berbahaya bagi tubuh

5 manfaat susu kedelai bagi ibu menyusui

Cara mengatasi kulit kepala kering dengan bahan alami

Saya termasuk yang mengalami masalah kulit kepala kering karena udara dingin atau kering, dan sedikit sensitif terhadap beberapa produk rambut, oleh karena itu saya lebih memilih produk berbahan alami seperti,

  1. Produk Minyak

Apa yang dimaksud dengan produk minyak? Ada beberapa produk minyak dari bahan alami bisa menjadi jalan keluar atau cara mengatasi kulit kepala kering seperti,

  • Minyak Zaitun

Sudah diketahui oleh publik, kalau minyak zaitun memiliki banyak khasiat, salah satunya bisa melembapkan kulit kepala. Cara mengatasi kulit kepala kering dengan menggunakan minyak zaitun ini terbilang cukup efektif dan tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya.

  • Minyak Almond

Selain minyak zaitun, minyak almond juga bisa diandalkan untuk melembapkan kulit kepala yang kering. Bila ditaruh di kulit kepala yang terluka, tidak akan terasa perih. Malahan jadi lebih aman dan cepat sembuhnya.

  • Minyak Kelapa

Minyak kelapa juga termasuk salah satu jenis minyak yang bisa merawat kulit kepala kering. Selain melembapkan, minyak kelapa mengandung sifat anti jamur dan anti bakteri, sehingga bisa membantu mengurangi resiko infeksi akibat kulit kepala kering.

 

  1. Masker Pisang

Cara Mengatasi Kulit Kepala Kering dengan masker pisang

Selain menggunakan produk minyak yang alami, masker pisang juga bisa menjadi salah satu cara mengatasi kulit kepala kering. Masker pisang memiliki manfaat untuk melembapkan dan mengandung zat anti mikroba alami yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit kepala.

 

  1. Alpukat

Cara Mengatasi Kulit Kepala Kering dengan buah alpukat

Alpukat yang memiliki kandungan asam lemak tak jenuh mampu melembabkan kulit kepala yang kering. Sering-sering makan buah alpukat atau menggunakan campuran alpukat pada rambut, akan membuatmu terhindar dari kulit kepala kering.

 

  1. Lidah Buaya

Cara Mengatasi Kulit Kepala Kering dengan lidah buaya

Dari zaman saya kecil, tanaman yang satu ini sering banget dipakai sama almarhumah mama untuk urusan rambut. Dulu saya merasa baunya yang tidak enak begitu mengganggu, tapi ternyata lidah buaya bisa membantu melembapkan kulit kepala yang kering.

 

  1. Cuka

Siapa yang menyangka salah satu bumbu pelengkap makanan ini bisa menjadi jalan keluar untuk persoalan kulit kepala kering. Meski begitu, jangan terlalu banyak juga dalam penggunaannya, cukup satu sendok teh saja dan oleskan secara merata ke kulit kepala. Hal ini untuk mengantisipasi kulit kepala agar tidak iritasi.

 

  1. Yogurt Murni

Kandungan protein dan lemak yang terkandung dalam yogurt murni ini ternyata mampu melembapkan kulit kepala.

 

  1. Telur

Bahan alami no. 7 ini masih berkaitan dengan no. 6, yaitu yogurt murni. Kombinasi kandungan keduanya (telur dan yogurt alami) akan membantu menyehatkan dan melindungi kulit kepala, dengan mencegah kerusakan sel kulit akibat paparan radikal bebas dari polusi udara.

 

  1. Baking Soda

Salah satu bahan pelengkap untuk membuat kue atau roti ini ternyata punya manfaat untuk mengatasi kulit kepala kering. Baking soda ini juga aman untuk digunakan. Namun jangan terlalu sering juga, karena takutnya justru akan mengiritasi kulit kepala. Jadi, gunakan baking soda ini setengah sendok teh saja dan oleskan secara merata ke seluruh kulit kepala.

 

  1. Daun Sirsak

Daun sirsak ini terkenal memiliki kandungan acetogenin. Kandungan yang dipercaya mampu membasmi parasit. Bahkan, daun sirsak ini bisa digunakan sebagai cara mengatasi kulit kepala kering. Selain sebagai cara mengatasi kulit kepala kering, ramuan daun sirsak ini juga bisa membantu mengatasi masalah kutu pada rambut.

 

Yups, itulah 9 cara mengatasi kulit kepala kering dengan bahan alami. Kalau sahabat Lithaetr, sudah ada yang pernah juga mencoba bahan-bahan alami di atas dan merasakan manfaatnya, silakan ceritakan pengalamannya juga, ya di kolom komentar. Terima kasih.

22 pemikiran pada “9 Cara Mengatasi Kulit Kepala Kering dengan Bahan Alami”

    • Salah satu penyakit kulit kepala yang bisa menimbulkan ketombe kakak, dermatitis seboroik itu. Solusi atau cara mencegah kulit kepala kering, ada produk minyak dari bahan alaminya, kak. Kalau pakai itu di kulit kepala, insyaallah aman, sih. Kalau minyak rambutnya ada dari bahan alaminya, saya rasa aman, kak.

      Balas
      • Cara membuat masker pisang, pisangnya dihaluskan dulu. Kemudian campurkan dengan minyak kelapa atau zaitun. Lalu usapkan pada kulit kepala, sambil pijat-pijat pelan. Diamkan 10-15 menit, terus bilas sampai bersih.

        Itulah cara membuat masker pisangnya, semoga bermanfaat ya, mbak.

        Balas
  1. Dari sekian banyak ini yang aku tahu awalnya cuma minyak zaitun aja mba. Tapi ternyata ada banyak bahan ya yg bisa mengatasi kulit kepala kering.

    Balas
    • Iya mbakku. Minyak alami selain zaitun, ternyata ada juga yang bisa buat kulit kepala kering. Selain itu, bahan alami lain juga bisa membantu untuk mencegah kulit kepala menjadi kering. Terima kasih sudah berkenan mampir ke blog ini, mbak.

      Balas
  2. Penasaran nih cara membuat masker pisang untuk rambut, soalnya rambut saya juga berketombe mbak. Pernah beberapa kali berganti shampo dan yang ada justru rambut saya jadi rontok.

    Balas
    • Cara membuat masker pisang, pisangnya dihaluskan dulu. Kemudian campurkan dengan minyak kelapa atau zaitun. Lalu usapkan pada kulit kepala, sambil pijat-pijat pelan. Diamkan 10-15 menit, terus bilas sampai bersih.

      Itulah cara membuat masker pisangnya, semoga bermanfaat ya, mbak.

      Balas
  3. Wah saya br tahu yg masker pisang, BunLit…selain bisa mengatasi kulit kepala kering karena punya efek melembapkan kulit kepala, masker pisang juga mengandung mikroba alami ya, masyaallah.

    Balas
  4. ternyata banyak ya mba bahan alami yang bisa dipakai untuk mengatasi kulit kepala kering. kalo kulit kepala kering tuh biasanya diikutin sama gatal-gatal juga ya, gak nyaman banget jadinya

    Balas
    • Iya mbak, membuat gatal dan agak berketombe. Pastinya membuat tidak nyaman. Jadilah disiasati dengan bahan alami. Kalaupun menggunakan sampo usahakan yang mengandung bahan alami juga.

      Balas
    • Memang pertambahan usia juga menjadi salah satu faktor mengapa kulit kepala menjadi kering, agar lebih lembab bisa dicoba deh, bahan alami ini. Masker pisang enak kok untuk digunakan kakak

      Balas
  5. Saya biasanya pakai daun lidah buaya.

    Wah pisang juga bisa digunakan untuk mengatasi kulit kepala yang kering ya. Di lembutkan terus dioleskan di kulit kepala begitukan cara penggunaannya?

    Balas

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.