5 Manfaat Nulis Artikel SEO di Blog

5 Manfaat Nulis Artikel SEO di Blog

manfaat artikel seo

 

Assalamualaikum Sahabat Lithaetr, mari masuki dunia lifestyle, parenting, inspirasi, dan hiburan (musik, film, buku, dan drama Korea).

Akhirnya kesampaian juga saya membahas soal manfaat nulis artikel SEO di blog. Tulisan ini sebagai salah satu pembelajaran saya di Bunda Cekatan (Buncek). Dikarenakan mengambil fokus belajarnya tentang menulis, khususnya blog, jadilah pasti akan mempelajari soal SEO ini.

Apalagi SEO ini merupakan momok bagi narablog, agar tulisannya bisa terdapat di mesin pencari dan banjir pengunjung. Sebenarnya SEO ini berlaku untuk blogger yang seperti apa, sih? Simak terus ulasannya di sini, ya sahabat.

Saya suka banget sama kata-kata dari beberapa suhu blogger, salah satunya Mbak Rini Novita Sari (Rini), beliau mengatakan kalau menulis artikel SEO di blog itu hanya berlaku untuk bloger yang mencari penghasilan dari pengunjung atau dikejar target.

Bagi pengeblog yang belum ada tuntutan target menulis artikel SEO bagi blognya belumlah menjadi suatu kewajiban. Begitu juga bagi yang mengeblognya memiliki konten khusus yang membutuhkan estetika seperti puisi, cerpen, pantun, dan lain sebagainya menulis sesuai SEO sangatlah tidak perlu.

Jadi, Apa sih, SEO itu?

apa itu seo

SEO itu adalah Search Engine Optimization atau Optimasi Mesin Pencari. Saat ini di Indonesia, mesin pencari informasi yang paling sering digunakan yaitu google. Bila kita berbicara menulis artikel SEO di blog berarti mengusahakan agar artikel kita bisa terbaca di mesin pencari.

Intinya dengan SEO kita berupaya mengoptimasi website atau blog agar mendapatkan rangking di mesin pencarian google. Agar tulisan kita bisa terbaca di mesin pencari tentunya cara menulisnya perlu disesuaikan dengan kaidah SEO (optimasi mesin pencari).

Yang mana kaidah SEO atau SEO Guidelines ini diperuntukan untuk terbaca mesin pencari tapi tetap yang ramah manusia. Bisa kita sederhanakan kaidah SEO ini membuat tulisan yang urut, rapi, dan memiliki kerangka yang jelas, sehingga baik mesin dan manusia bisa membaca dengan baik.

SEO itu terbagi dua yaitu SEO On Page dan SEO Off Page. Kalau SEO On Page ini optimasi yang fokusnya dilakukan pada penulisan konten dan dilakukan dari dalam blog. Sementara SEO Off Page itu fokusnya dilakukan pada backlink (link dari luar blog).

Bagi blogger pemula yang bisa dilakukan adalah SEO On Page terlebih dahulu. Membuat konten SEO di blog atau membuat artikel yang SEO friendly. Dengan menerapkan SEO On Page, harapannya tulisan kita bisa terstruktur dengan rapi.

 

Bagaimana cara nulis artikel SEO di blog?

membuat artikel seo

Dari pelatihan-pelatihan SEO yang pernah saya ikutin ada 18 indikator SEO On Page, tapi buat pemula perhatikan 7 kaidah SEO dalam membuat konten di blog. Inilah urutannya,

  1. Menentukan kata kunci untuk menulis artikel dan masukkan kata kunci tersebut ke dalam judul artikel

Kata Mbak Rini, dalam menentukan kata kunci ini butuh ituisi atau feeling dan tulislah hal-hal yang kita kuasai bahasannya serta yang sekiranya dicari atau dibutuhkan oleh pembaca. Lalu carilah kata kunci ini melalui tools atau alat pencari kata kunci seperti MOZ, google keyword planner, dan lain sebagainya.

Setelah menentukan kata kunci, masukkan kata kunci tersebut ke dalam judul bisa di awal atau di tengah. Tetap menggunakan judul yang menarik dan kalau bisa berjumlah maksimal 65 karakter.

 

  1. Gunakan kerangka tulisan dan masukkan kata kunci ke salah satu sub judul tulisan

Subheading atau sub judul ini adalah poin poin pembahasan yang akan dibahas lebih lanjut dalam tulisan. Dengan adanya poin poin ini harapannya pembaca bisa mengambil kesimpulan dari apa yang kita tulis secara cepat.

Bila pembaca ingin mengetahui penjelasan lebih lanjut, bisa masuk ke poinnya dan membaca detil tulisannya. Dengan menggunakan sub judul ini akan membuat tulisan kita lebih mudah terbaca oleh mesin pencari.

 

  1. Perhatikan penempatan dalam menempatkan kata kunci

Tidak ada ilmu pasti dalam SEO On Page ini ya, sahabat. Oleh karena itu, berdasarkan pengalaman para narablog yang sudah berhasil mendapatkan rangking teratas google, kata kunci harus disebar di dalam tulisan dengan natural atau alami.

Yang pertama harus ada dalam judul, awal paragraf, sub judul, kemudian disebar di dalam tulisan, dan ditaruh pada akhir paragraf. Semakin banyak berlatih menulis artikel SEO di blog, maka akan semakin lancar dalam menempatkan kata kunci dalam tulisan.

 

  1. Masukkan kata kunci ke dalam permalink

Apa itu permalink? Permalink ini adalah link tulisan blog atau website kita. Ini contohnya, https://www.talitha-rahma.com/2022/02/5-tips-dapat-uang-dari-nulis-artikel.html

 

  1. Perhatikkan panjangnya kata

Artikel yang SEO friendly biasanya memperhatikan jumlah kata yang ditulis. Hal ini dimaksudkan agar bisa bersaing dengan website atau blog yang lainnya nan tentu saja juga memiliki tulisan serupa dengan milik kita.

Oleh sebab itu, akan semakin baik kalau kita memperhatikan jumlah kata saat menulis kata kunci yang populer. Semakin populer kata kuncinya, biasanya persaingannya juga akan semakin ketat, biar kita bisa ikutan bersaing diusahakan tulisan kitab isa lebih lengkap dibandingkan yang lainnya.

 

  1. Perhatikan panjang paragraf

Kalau kita sudah memperhatikan panjang kata, kita juga perlu mempertimbangkan panjang paragraf. Hal ini dimaksudkan agar pembaca tidak lelah saat membaca tulisan kita. Menulis artikel SEO di blog untuk panjang paragraf yang aman itu maksimal banget sampai tiga paragraf.

 

  1. Gunakan format gambar webp, masukkan judul untuk gambar, dan tambahkan alternatif teks

Agar tulisan kita tidak terkesan membosankan, kita juga perlu memasukkan gambar yang sesuai ke dalam tulisan. Saat ini tulisan yang mudah dibaca oleh google itu adalah dengan format webp. Dikarenakan webp ini ringan dan tidak pecah walaupun ukurannya kecil.

Kalaupun menggunakan format gambar lain seperti jpg, png, atau jpeg tidak apa-apa. Namun perhatikan saja dari segi ukuran atau size gambarnya. Diusahakan gambarnya tidak lebih dari 100 kb.

 

Manfaat nulis artikel SEO buat blog

Memang apa sih, manfaat menulis artikel yang SEO friendly buat blog. Ada beberapa manfaat yang bisa dirasakan blogger apabila membuat konten SEO yaitu,

  1. Artikel bisa bersaing di mesin pencari

Apabila kita membuat konten SEO, insyaallah tulisan kita bisa bersaing di mesin pencari. Namun saya menganut sistem setiap tulisan memiliki jodohnya masing-masing. Semisal belum ada tulisan yang berada di mesin pencari, percayalah kalau tulisan kita tetap memberikan manfaat bagi pembacanya.

 

  1. Meningkatkan pengunjung ke website atau blog

membuat konten seo

Salah satu cara agar banjir pengunjung ke website atau blog adalah dengan menulis artikel atau membuat konten SEO.

 

  1. Meningkatkan pendapatan

Bagi sahabat yang memang mencari pekerjaan dari blog, bila kita menerapkan SEO di blog, insyaallah bisa menjadi salah satu jalan menjemput rezeki.

 

  1. Membuat artikel populer yang baik

seo on page

Apabila kita membuat konten SEO dan bisa menjadi populer, maka kita secara tidak langsung menyebarkan berita-berita baik nan penuh manfaat bagi pembaca.

 

  1. Menambah branding untuk penulis

Apabila tulisan kita berada di mesin pencari, insyaallah ada kebanggaan tersendiri dan bisa menjadi salah satu daya jual kita sebagai penulis blog.

Demikianlah lima manfaat nulis artikel SEO di blog yang bis akita rasakan. Namun ilmu SEO ini bukanlah ilmu pasti dan terus berkembang. Maka dari itu, diperlukan terus untuk selalu berlatih dan belajar, agar luwes membuat konten bermanfaat yang bisa rangking di mesin pencari.

Saya yakin setiap tulisan punya jodohnya sendiri dan apa yang ditulis dari hati, maka akan sampai ke hati pembaca juga. Bagaimana sahabat, sudah siap untuk menerapkan SEO untuk setiap konten di blog? Silakan berikan tanggapannya ya, terima kasih.

38 pemikiran pada “5 Manfaat Nulis Artikel SEO di Blog”

  1. Untuk yang memonetisasi blog sebaiknya artikel SEO banyak dipakai ya. Bukan cuma tulisan curhat macam artikel yang selalu saya buat hehehe …
    Terimakasih ilmu SEO nya. Sangat bermanfaat. Semoga saya bisa mempraktikkan. Aamiin…

    Balas
  2. Saya masih harus belajar banyak dalam menulis artikel SEO. Secara blognya berawal dr postingan curhat, hingga sekarang pun masih. Padahal banyak manfaatnya nulis artikel SEO ya mba. Makasih ilmu SEOnya mba.

    Balas
  3. Ini dia yang masih jadi PR buat aku hingga kini: SEO!
    Saya tuh tipe yang kalau nulis, ya nulis aja. Gak mau terikat olah kaidah apapun kecuali puebi dan kbbi. Susah kan?
    Tapi artikel di atas mengingatkanku arti pentingnya buat artikel yang SEO friendly.
    Makasih ya mbak, remindernya….

    Balas
  4. Rutin menulis di blog secara SEO cuan berdatangan dengan sendirinya.
    Memang gak mudah buat rajin dengan hal itu, karena itu daku rasakan juga haha

    Balas
  5. Banyak ya manfaatnya nulis artikel yang menerapkan prinspi SEO. Walopun cuma curhat, blog juga bisa di-SEO-kan. Huhu tapi aku kadang lupa dengan itu. Jadinya masih payah nih. Kudu belajar lagiiii

    Balas
  6. Saya juga masih belajar nih tentang seo. Untuk yang riset kata kunci itu yang kadang masih perlu ngulik-ngulik lagi. Bener, manfaat SEO memang banyak, termasuk bisa meningkatkan traffict blog juga

    Balas

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.