3 Cara Tingkatkan Traffic Blog ala Bang Doel

 

cara tingkatkan traffic blog

 

Assalamualaikum Sahabat Lithaetr, mari masuki dunia lifestyle, parenting, inspirasi, dan hiburan (musik, film, buku, dan drama Korea).

Tulisan pertama bulan ini tentang bagaimana cara meningkatkan traffic blog. Alhamdulillah, ilmu keren ini saya dapat gratis pada 19 November lalu, dari sebuah grup kece bernama Blogwalking Asik.

Materi tentang blog kita bisa kebanjiran pengunjung ini diberikan oleh seorang blogger handal, yang pakar tentang dunia teknologi, bernama Bang Doel. Setelah sekian purnama akhirnya Bang Doel membagikan ilmunya soal cara tingkatkan traffic blog, buat teman-teman di Blogwalking Asik.

Saya termasuk beruntung sekali bisa mendapatkan ilmu mahal seperti ini, karena itu saya akan mencoba membagikan kembali buat teman-teman blogger pemula, yang kali saja masih bingung bagaimana tulisan kita di blog bisa dibaca oleh banyak orang.

Penasaran? Lanjutin membacanya di sini ya, Sahabat Lithaetr.

Apa sih, traffic blog itu?

manfaat tingkatkan traffic blog

Sebelum menjelaskan cara tingkatkan traffic blog, Bang Doel melakukan disclaimer atau penafian terlebih dahulu. Ia mengatakan kalau meningkatkan traffic blog tentu tak diperlukan buat bloger yang enggak perlu-perlu amat sama traffic.

Bagaimana itu maksudnya? Bagi bloger atau narablog yang merasa tidak perlu mendapatkan manfaat dari blog, maka tidak perlu memikirkan tentang cara tingkatkan traffic blognya. Oleh karena itu, sejak awal Bang Doel menanyakan apa tujuan kita membuat blog. Kalau semisal memang kita membutuhkan banyak orang membaca tulisan kita, maka ya, baru diperlukan ilmu untuk meningkatkan pengunjung agar bisa membaca blog kita.

Memang apa sih, traffic blog itu? Traffic ini adalah pengguna internet yang mengunjungi sebuah website. Traffic blog yang bagus punya potensi mendatangkan segudang manfaat bagi pemiliknya.

Salah satu manfaat yang bisa kita dapatkan apabila traffic blog kita tinggi adalah tulisan kita bisa berada di urutan teratas di mesin pencarian nomor satu di dunia, yang bernama Google. Kalau tulisan kita sudah bisa dilirik Google, maka keuntungan berikutnya adalah bisa mendapatkan penghasilan dari tulisan kita.

Itulah mengapa traffic blog menjadi penting bagi bloger yang ingin mencoba berpendapatan dari tulisannya. Terus, bagaimana cara agar traffic blog kita bisa tinggi?

 

Baca Juga,

Membuat Header Blog

3 Aplikasi Edit Kolabarosi dengan Filmora

 

Cara tingkatkan traffic blog

Bang Doel membocorkan ada 3 cara agar kita bisa tingkatkan traffic blog yaitu persiapan sebelum membuat konten, persiapan saat membuat konten, dan persiapan setelahnya.

Dari 3 cara meningkatkan traffic blog itu Bang Doel menjelaskan dengan detil setiap prosesnya. Lewat tulisan ini saya mencoba merangkumnya ya, sahabat Lithaetr,

  1. Persiapan sebelum membuat konten

Ternyata agar bisa memiliki blog yang banyak pengunjungnya perlu dipersiapkan dari awal. Dengan menyiapkan website atau blog yang mudah diakses, nyaman dibaca, dan isinya bisa menjawab keingin tahuan pembaca.

Bagaimana agar blog kita bisa memiliki ketiga hal di atas? Saya akan mencoba membahas salah satunya yaitu bagaimana agar tulisan kita bisa menjawab keingin tahuan pembaca. Mengapa saya perlu menjelaskan lebih lanjut? Sebab, sebagai bloger pemula yang baru paham soal menulis, ada baiknya bisa membuat konten yang bagus, agar dapat menarik traffic ke blognya.

Bloger yang jago kalau ngomongin soal teknologi ini menyampaikan betapa pentingnya riset kata kunci atau keyword sebelum menulis sebuah konten di blog. Ada beberapa website yang bisa digunakan untuk riset kata kunci, tapi Bang Doel mengatakan rata-rata website tersebut berbayar.

riset keyword tingkatkan traffic blog

Lalu, kalau yang gratis enggak ada? Bang Doel mengatakan cobalah untuk sering-sering bermain dengan yang namanya Google Search Console. Jika kita bisa memanfaatkan tools tersebut maka kita bisa meningkatkan traffic ke blog kita.

Dengan Google Search Console kita bisa mengetahui apa saja sih, kata kunci yang membuat orang berkunjung atau membaca di blog kita. Setelah mengetahui hal tersebut, cobalah untuk membuat kata kunci turunannya.

Kemudian memanfaatkan LSI (Latent Semantic Indexing) dari keyword itu. Bahasa mudahnya membuat kata kunci lain dari apa yang disarankan mesin pencari Google. Intinya buatlah artikel yang masih 1 tema dengan tema yang berhasil mendapatkan rangking terbaik dari Google Search Console.

Jika kita bisa secara terus menerus menjalankan hal ini, insyaallah, lama-lama akan terlihat peningkatan yang terjadi dalam jumlah pengunjung yang datang ke blog kita. Inilah cara pertama tingkatkan traffic blog kita.

  1. Persiapan saat membuat konten

bagaimana cara meningkatkan pengunjung di blog

Dalam kulzoom (kuliah zoom) yang diadakan grup Blogwalking Asik, Bang Doel menjelaskan, ada 8 cara untuk persiapan saat membuat konten agar traffic blog kita bisa meningkat.

– Tentukan search intent dan buatlah schema markup-nya

– Masukkan kata kunci ke judul

– Hindari keyword stuffing, tapi sebarlah kata kunci secara tepat

– Tetap masukkan kata lunci dalam artikel dan H2

– Sertakan juga LSI-nya

– Sertakan gambar dalam format .webp ukuran kurang dari 30 kb

– Sertakan internal link untuk membuat koherensi antar halaman

– Masukkan link keluar jika diperlukan

Jika sahabat Lithaetr, merasa ada bahasa asing yang kurang familier, silakan dicari tahu sedikit lewat mesin pencari, ya. Itulah langkah kedua dalam tingkatkan traffic blog kita.

  1. Persiapan setelah membuat konten

langkah tingkatkan traffic blog

Jangan dikira setelah selesai menulis, tugas kita sudah selesai, karena ada beberapa tugas lain yang perlu dilakukan agar pengunjung bisa mampir ke blog kita. Caranya,

– Pastikan link artikel tersebut terindeks

– Setelah terindeks, silakan share atau bagikan ke media sosial

– Bagikan juga ke grup support

Itulah langkah-langkah yang perlu dilakukan setelah membuat konten agar kita bisa tingkatkan traffic blog. Bagaimana sahabat, sudah mulai ada bayangan agar tulisan kita bisa dibaca banyak orang?

Jujur, bagi saya pribadi yang hanya mengetahui soal menulis saja, belum ke teknis soal blog, ada hal-hal baru yang harus dipelajari. Saat dipelajari ternyata sulit, hehehe. Jangan menyerah. Pelan-pelan saja, lakukan dari apa yang kita bisa.

Jika kita punya kekuatan dalam membuat kualitas konten yang berbobot, maka lakukan dari situ dulu. Mulailah dari riset keyword, jika berhasil buatlah kata kunci turunannya. Apabila kita bisa melakukan secara terus menerus, apa yang kita usahakan akan terlihat hasilnya, kok.

Setiap tulisan akan menemukan pembacanya, jangan khawatir. Niatkan agar tulisan kita bisa memberikan manfaat positif bagi pembaca. Usahakan yang terbaik dengan cara tingkatkan traffic blog, semampu kita. Kemudian berdoa, agar Allah Swt. meridai usaha kita tersebut.

Bagaimana sudah siap mencoba cara tingkatkan traffic blog di atas? Silakan berikan komentarnya. Terima kasih.

45 pemikiran pada “3 Cara Tingkatkan Traffic Blog ala Bang Doel”

  1. Wow…keren banget nih pembahasannya. Saya termasuk orang yang nulis saja tanpa memperhatikan traffic.Tetapi tentunya tulisan’kan mau juga ya dibaca oleh banyak orang,ada kepuasan tersendiri. By the way kak, bagaimana caranya bergabung di Blogwalking Asik? kasih infonya ya,biar dapat ilmunya juga

    Balas
  2. karena itu saya suka gemes pada mereka yang bilang:
    ah saya gak peduli ada yang baca tulisan atau gak
    menang lomba atau gak

    pingin banget saya ngejawab:
    dikunci aja blognya bu, buat dibaca sendirian 😀 LD

    Balas
  3. Persiapan sebelum membuat konten ini penting banget ya Mba Litha. Semua hal baik dipersiapkan sedari awal emang, dan ini berlaku juga dalam blogging.

    Aku termasuk blogger yang senang riset keyword, bahkan untuk tulisan yang buat curhat sekali pun. Senang aja kalo tulisan kita banyak dibaca orang.

    Balas
  4. Saya pengen banget ada blogger professional dan ahli di bidang SEO untuk mereview blog saya. Pengen tahu kelemahannya dimana, supaya blog saya banyak pembacanya dengan ranking yang bagus. Tentu saja diiringi dengan kualitas isi artikelnya. Ada gak ya yang berkenan melakukan ini?

    Balas
  5. Bener banget itu tipsnya. Tapi akunya masih kurang telaten u.masalah kata kunci. Makanya spy agak telaten akhirnya aku ngedraft dulu apa yang akan ditulis. Pas mau ngerjakan nah baru deh giliran nyari kata kunci

    Balas
  6. Demi menghasilkan trafik yang besar tentunya memang harus dilakukan persiapan juga sebelum menulis ya. Ini cara-caranya memang ampuh pasti ya. Saya paling jarang sih search keyword karena terkadang nulis mengalir aja sesuai informasi yang mau disampaikan padahal bagus nih kalo bisa tembus keyword sekaligus.

    Balas
  7. Soal gambar ini nih yang belum daku terapkan, menjadikannya format .webp. Ini berpengaruh dalam hal loading web juga sih ya, biar lebih smooth

    Balas
  8. Sejak awal ngeblog,
    untungnya saya sadar dan suami juga bilang, No hard feeling, jangan terlalu dipikirin

    Iya bener, traffic blog yang bagus punya potensi mendatangkan segudang manfaat bagi pemiliknya terutama…. bisa mendapatkan penghasilan dari tulisan kita!

    Balas
  9. Wuahh terimakasih sudah berbagi rahasia bang Doel untuk meningkatkan traffic blog. Aku baru tau search console bisa untuk study keyword, kirain cuma tempat lihat performa aja. Nanti kutak katik lagi ahh

    Balas
    • Saya pun belajar lagi kok, ini dari Bang Doel. Soalnya saya termasuk yang masih sesuka hati juga nulisnya. Kadang riset, banyak enggaknya. Kelakuan buruk yang harus diperbaiki.

      Balas
  10. Makasih Mbak Thaaa, ini aku sambil catat. Selama ini GSC powerful tapi numpang lewat aja di aku. Ga kuat lihat data gitu, masih nulis sesuka hati tapi maunya PV tinggi

    Balas
  11. Di tahun 2019 aku pertama kali tahu ilmu soal SEO, denger soal LSI, GSC dan lain sebagainya. Dulu pas awal awal males banget mempraktikannya wkwk secara aku dari 2013 ngeblog cuma buat dokumentasi XD tapi makin kesini makin sadar, betapa blog yang bermanfaat adalah yang banyak dibaca dan syukur syukur diaplikasikan.

    Balas
  12. Nah kalau mau diseriusin ternyata bisa menulis dengan baik dan benar juga belum cukup, ya. Masih ada tantangan menyesuaikan diri dengan kata kunci. Hebat uy mbak Tha, rajin banget update ilmunya … semoga Allah mudahkan yaa semua usahanya 😀

    Balas
    • Belum, mbakku, hehehe. Dunia blog itu ternyata masih luas dan ada hal-hal lain lagi yang perlu dipelajari. Aamiin, aamiin, ya Allah. Begitupun denganmu ya, mbak. Semoga Allah mudahkan segala urusannya.

      Balas

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.