5 Kunci Sukses bagi Blogger Pemula Jadi Profesional

5 Kunci Sukses bagi Blogger Pemula Jadi Profesional

kunci sukses bagi blogger pemula 

Assalamualaikum Sahabat Lithaetr, mari masuki dunia lifestyle, parenting, inspirasi, dan hiburan (musik, film, buku, dan drama Korea).

Setelah mengetahui tantangan yang biasa dihadapi bagi blogger, saya merasa perlu membuat kunci sukses bagi blogger pemula jadi profesional. Yang mana rahasia kesuksesan ini dibocorin di kelas gratis BRT dalam materinya Mbak Marita.

Siapakah mbak Marita? Beliau adalah salah satu mentor yang ada di kelas gratis BRT. Marita Ningtyas adalah seorang blogger, writer, dan parenting enthuasiast ini memberikan materi tentang pentingnya sebuah perencanaan untuk seorang blogger.

Nantinya dari rencana itulah yang akan menentukan kesuksesan seorang blogger dalam menuliskan pikirannya lewat kata-kata. Penasaran tentang mengapa perencanaan dalam menulis blog bisa menjadi rahasia sukses bagi blogger pemula jadi profesional.

Tujuan menulis blog

tips sukses bagi blogger pemula

Sebelum saya bocorkan tips sukses untuk blogger pemula jadi profesional, ada baiknya kalau kita mengingat kembali apa sih, tujuan menulis blog bagi kita. Mengapa mengingat tujuan menjadi langkah awal? Sebab, dari tujuan itulah biasanya kita akan terus melangkah walaupun mengalami hambatan atau tantangan.

Dikarenakan harapan yang kita panjatkanlah yang membuat kita mampu bertahan dan tetap berjuang. Itulah mengapa mengingat tujuan awal kita nge-blog menjadi salah satu cara agar kita terus menulis dan menikmati setiap prosesnya.

Ilmu nge-blog bukanlah ilmu matematika yang pasti jawabannya. Maka dari itu sangat butuh untuk terus belajar atau menempa diri agar mengetahui perkembangan tentang dunia tulis menulis di dunia maya ini.

Saya pribadi punya beberapa tujuan mengapa saya memutuskan menjadi blogger,

  1. Mengutarakan pikiran saya terhadap sesuatu

Mengungkapkan pendapat di depan orang lain bukanlah perkara yang mudah, karena itu bagi beberapa orang termasuk saya lebih nyaman menyampaikan pemikiran melalui tulisan. Bagaimana sih, kita melihat kehidupan di dunia ini bisa dengan bebas kita sampaikan melalui tulisan.

Apalagi jika tulisan kita bisa menjadi jawaban kerisauan bagi orang lain, masyaallah, bahagia rasanya. Bagaimana lewat tulisan kita mungkin bisa disukai atau bisa jadi dicaci orang lain. Apapun itu, melalui tulisan kita bisa mengutarakan pikiran terhadap sesuatu. Bagi saya, selalu ada hikmah dibalik setiap peristiwa dan hal ini bisa menjadi inspirasi tulisan.

 

  1. Salah satu cara menjemput rezeki

Sesudah berhenti bekerja, salah satu cara menjemput rezeki bagi saya adalah lewat blog. Oleh karena itu, bisa membuat performa blog menjadi baik sehingga bisa mendatangkan banyak pembaca menjadi tujuan saya saat ikutan kelas gratis brt ini.

Harapannya tentu saja setelah mengikuti kelas gratis brt bisa membuat kondisi blog saya bisa lebih baik dan berada di pencarian google, sehingga akan banyak orang yang membaca tulisan saya. Rezeki tak selalu soal uang, mendapatkan pengetahuan baru, teman baru, dan bisa membagikan ilmu lagi juga termasuk rezeki.

 

Dua hal itulah yang menjadi pemicu saya dalam melangkah apabila nge-blog sudah mulai terasa lelah. Bisa ikut membantu kebutuhan rumah tangga dari blog-lah yang terus menjadi roda penggerak agar saya terus menulis.

 

Rencana menulis blog itu penting

rahasia sukses untuk blogger pemula

Pertanyaan Mbak Marita soal sudah ada yang terbiasa membuat rencana nge-blog sebelum menulis atau langsung saja seadanya ide? Langsung membuat saya seperti tercubit, hehehe. Soalnya saya termasuk yang menulis secara spontan.

Semenjak punya trio krucil, saya merasa membuat rencana justru bisa membuat saya stres, karena bila tidak sesuai ekspektasi bisa membuat saya kecewa. Padahal maksud dari adanya rencana itu adalah agar membuat kita ingat dengan tujuan awal.

Itu juga yang menjadi pesan Mbak Marita buat para peserta yaitu blog plan bisa mengabadikan tujuan-tujuan. Jadi ketika dalam perjalanan nge-blog kita agak belok dari tujuan, saat membaca blog plan yang pernah dibuat, kita beloknya enggak terlalu jauh.

Dari sinilah saya mencoba membuat kembali sebuah rencana nge-blog saya untuk tahun depan. Dengan menimbang kekuatan serta kelemahan yang saya miliki untuk membuat sebuah rencana blog yang masuk akal dan bisa terealisasi.

Saya selalu menerapkan bisa membuat 10 tulisan setiap bulan, karena saya memiliki 2 blog maka saya ingin ada 5 tulisan baru setiap bulan di tiap blog yang saya miliki. Tentu saja saya masih akan membahas soal parenting, inspirasi, dan hiburan.

Memang yang menjadi pekerjaan rumah saya adalah menyeimbangkan tulisan-tulisan yang sesuai dengan tiga kategori tersebut. Saya merasa lebih mudah menulis tentang hiburan daripada yang lainnya. Maka dari itu, saya akan mencoba untuk membaca atau meneliti kembali hal apa yang kira-kira bisa dituliskan untuk kedua kategori lainnya.

Hal itu juga diingatkan oleh mentor Marita. “Buat blognya yang gado-gado alias niche lifestyle seperti punya saya, pernah enggak sesekali melihat label atau kategori blog mana yang paling seri diperbaharui? Dengan membuat blog plan, kita bisa nih, merencanakan jadwal posting sesuai kategori yang kita rencanakan. Intinya biar tidak ada label atau kategori blog yang merasa dianaktirikan,” terang Mbak Marita.

Mencoba menerapkan materi dari mentor yang nulis gado-gado seperti saya, membuat diri ini berani membuat rencana blog untuk tahun 2022 seperti berikut ini,

blog plan 2022 ala lithaetr

Doakan ya, sahabat Lithaetr, semoga saya bisa konsisten menjalankan rencana blog tersebut, sehingga tujuan saya bisa tercapai. Bagi sahabat yang mungkin masih bingung cara mendatangkan pembaca, yuk, berkunjung ke tulisan bagaimana meningkatkan traffic blog.

Saat membuat blog plan ini, saya tidak sendirian teman-teman sekelas seperti Kak Taumy Alif, Mbak Sri Al Hidayati, Mbak Januar Atiqoh, dan Mbak Laily Masruro Octavia juga membuat rencana blog versi mereka. Ketika membaca blog plan mereka, saya ikut mendoakan agar teman-teman seperjuangan saya, bisa berhasil dengan rencananya.

Bagi kami berlima, pembelajaran tentang rencana blog ini adalah pengalaman berharga, yang bisa mencegah kami dari kebodohan-kebodohan yang tak perlu. Memang dalam menjalani rencana ini nantinya kami akan mengalami pasang surut, tapi setidaknya sudah ada tujuan atau harapan yang kami panjatkan nan dapat membuat kami terus melangkah.

 

Kunci sukses bagi blogger pemula jadi profesional

Dari kelas gratis brt ini saya menemukan kunci sukses bagi blogger pemula jadi professional. Apa sajakah itu?

  1. Catatlah tujuan ke dalam sebuah rencana

Kunci sukses pertama bagi blogger pemula jadi profesional adalah menuliskan rencana. Semakin detil rencananya semakin baik. Contohnya, selama sepekan ke depan saya mau menulis 2 artikel tentang kategori hiburan dan inspirasi yang diambil dari materi kelas gratis brt.

Jika saya dua tulisan, maka berbeda dengan Kak Taumy Alif yang ingin membuat 3 tulisan selama sepekan. Sementara Mbak Sri Al Hidayati berencana membuat bank ide, agar tidak ada lagi yang namanya writer’s block. Intinya semakin rinci rencananya maka semakin baik, karena saat kita menjalankannya lebih mudah karena sudah jelas harus melakukan apa.

 

  1. Tingkatkan kemampuan menulis

Namanya juga narablog, jadinya ya harus bisa menulis dengan baik, dong. Minimal tulisan kita enak untuk dibaca. Susunan tulisannya rapi dan berurutan, sehingga pembaca paham mau dibawa ke mana lewat tulisan kita. Menulis adalah modal dasar bagi suksesnya seorang blogger pemula menjadi profesional.

Cara untuk meningkatkan kemampuan menulis kita salah satunya dengan mengikuti lomba-lomba blog. Berpartisipasi dalam lomba-lomba dituliskan oleh Mbak Januar Atiqoh (Atiqoh) dalam rencana blognya. Ia menulis akan mengikuti tiga lomba blog tiap bulan. MasyaAllah, luar biasa. Kita bisa lo, mencontoh semangat Mbak Atiqoh ini dalam mengasah kemampuan menulisnya.

 

  1. Terus belajar soal blog

Sudah saya singgung di atas, kalau ilmu tentang blog ini terus berkembang. Oleh sebab itu, sebagai narablog kita juga jangan malas untuk meningkatkan pengetahuan tentang dunia blog ini. Saya mengikuti kelas gratis brt beneran kayak masuk ke dunia baru, karena banyak hal baru yang saya ketahui, seperti tentang kode-kode yang ada di blog.

Hal ini disampaikan oleh mbak Laily Masruro Octavia (Laily) yang ingin belajar ternak blog. Masyaallah, zaman sekarang enggak cuma binatang yang diternakan, tapi blog juga bisa. Semoga harapan Mbak Laily bisa tercapai.

 

  1. Atur waktu dengan baik

Kunci sukses berikutnya adalah mengatur waktu dengan baik. Jika dari pemula ingin jadi profesional, maka perlu mengatur waktu dengan baik. Mengapa? Sebab, yang Namanya profesional itu nanti akan mendatangkan hubungan kerjasama.

Harapannya dengan adanya kerjasama maka ada hal-hal positif yang didapatkan dari pihak-pihak yang menjalin kerjasama. Oleh karena itu, demi menjaga nama profesional kita juga harus mengatur kapan waktu yang baik agar pihak yang bekerjasama dengan kita agar tidak merasa dirugikan.

Hal-hal terkait deadline sangat penting untuk menjadi catatan agar setiap kerjasama yang dilakukan bisa berjalan dengan baik. Mulailah tentukan batas limit kita sendiri lebih awal, daripada batas akhir yang diberikan oleh pihak yang mengajak kerjasama dengan kita.

 

  1. Belajar cara mempromosikan tulisan

Siapa bilang seorang blogger tidak perlu mempromosikan tulisannya? Justru seorang blogger perlu juga untuk memasarkan tulisannya. Semakin banyak tulisannya dibaca maka kesempatan dalam mendapatkan kesempatan kerjasama akan semakin terbuka.

Maka dari itu kunci sukses bagi blogger pemula jadi profesional adalah belajar cara mempromosikan tulisannya secara efektif. Menulis serta mempromosikan tulisan ibarat pasangan yang tak terlupakan dan tidak bisa dipisahkan, hehehe.

 

Itulah 5 kunci sukses bagi blogger pemula jadi profesional. Bagaimana sahabat, apakah kita sudah siap menjadi blogger profesional? Kalau sudah silakan berikan tips sukses berikutnya di kolom komentar, ya. Terima kasih sudah berkenan membaca tulisan ini sampai akhir.

36 pemikiran pada “5 Kunci Sukses bagi Blogger Pemula Jadi Profesional”

  1. Waah… masih banyak peer rupanya. Slm ini nulis ya nulis aja gitu. ternyata harus dengan perencanaan yang teratur supaya kegiatan ngeblog lebih bermakna. Terimakasih sharingnya mbk ..

    Balas
  2. Jadi blogger saya kira dulu hanya menuangkan hobi menulis saja, ternyata kalau ditekuni banyak sekali yaa manfaatnya. Kunci sukses bagi blogger pemula ini bisa jadi panduan banget ya untuk selalu komitmen dalam ngeblog dan jadi blogger profesional di kemudian hari, aamiin.

    Balas
  3. saya setuju, yang pertama harus dilakukan adalah rencana

    tanpa rencana, kita gak akan kemana-mana, stuck di tempat

    seperti hidup, pasti kan punya rencana, bahkan rencana sederhana sekalipun

    Balas
    • Semoga ke depannya, kita bisa lebih rapi lagi ya, mbak dalam menentukan mau menulis apa. Sebab dengan adanya rencana blog, harapannya bisa ada pengingat mau mengerjakan apa dan kapan

      Balas
  4. wah tipsnya oke juga nih mbak, terutama membuat blog plan agar semua kategori tulisan tertulis secara adil (ngga ada yang dianaktirikan)

    semoga kita sama-sama bisa konsisten dan jadi blog profesional ya mbak. karena saya juga baru mulai lagi untuk BW-an

    Balas
  5. Jadi ingat saat awal-awal saya beli domain dan berniat menjadi blogger. Masih cupu banget. Tanpa arahan dan tujuan khusus. Hanya ingin mencari wadah agar tulisan-tulisan saya bisa terus dibaca. By the time akhirnya bertemu dengan berbagai blogger, belajar sana sini, hingga akhirnya blog saya pantas untuk dipublikasikan. Alhamdulillah. Hingga saat ini terus belajar, konsisten belajar dan terus belajar, biar bisa jadi blogger yang lebih baik lagi, dari masa ke masa.

    Balas
  6. Buat perencanaan dalam seminggu misalnya tema apa yang ingin ditulis, bisa jadi penyemangat juga sih ya agar tulisannya lebih terarah karena sudah ada kerangka tema yang akan diposting ke blog

    Balas
  7. jujur saya juga masih pemula banget, sejak dulu buat blog bener-bener cuma buat aja gatau harus diapakan, belakangan ini ketemu banyak temen blogger yang udah senior merasa heran ternyata menjadi blogger bisa melakukan banyak hal, bukan cuma nulis atau curhat, terimakasih sharing nya, saya jadi semangat untuk mengembangkan blog

    Balas
  8. Mbak..ini tipsnya berguna banget bagi blogger pemula macam aku…
    Dulu tahunya sekedar nulis posting..
    Eh makin kesini banyak juga yg harus dipelajari..hehe
    Makasih sharingnya

    Balas
  9. menulis blog memang effort tapi worth it lah dengan banyaknya peluang yang bisa kita temukan dan dapatkan ke depannya, makanya memang harus punya planning sih yaaa

    Balas

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.