5 Nutrisi Terbaik di Susu Formula Buat Si 4 Tahun yang Lincah

5 Nutrisi Terbaik di Susu Formula Buat Si 4 Tahun yang Lincah

susu formula nutrisi terbaik

Assalamualaikum Sahabat Lithaetr, mari masuki dunia parenting, inspirasi, dan hiburan (musik, film, buku, dan drama Korea).

Kali ini saya akan berbagi cerita soal putra saya yang bernama Hiro, berusia 4 tahun, si lincah yang bercita-cita sebagai pemain bola dan imam masjid. Masih teringat jelas, kalau Hiro sempat mengalami ADB (Anemia Defisiensi Besi), saat dia berusia 9 bulan. Karena alasan itu jugalah, yang akhirnya saya mantap memutuskan untuk berhenti bekerja dan fokus hanya untuk mengurus kedua buah hati saya.

Pengalaman pahit, ketika si sulung yang sempat bolak-balik ke rumah sakit dikarenakan diare, langsung terbayang. “Cukup sudah. Saya tidak ingin anak-anak menjadi korban, karena kesalahan dalam pengasuhannya saat bertumbuh kembang, termasuk soal asupan nutrisinya,” ucap saya dalam hati kala itu.

Sebenarnya apa sih, ADB (Anemia Defisiensi Besi) itu, sehingga saya memutuskan untuk berhenti bekerja dan fokus dalam memberikan asupan nutrisi terbaik buat anak-anak? Simak terus ceritanya di sini ya, Sahabat.

Apa itu ADB (Anemia Defisiensi Besi)?

ADB (Anemia Defisiensi Besi) itu adalah satu jenis anemia yang disebabkan karena kekurangan zat besi, sehingga terjadi penurunan jumlah sel darah merah yang sehat. Memang ADB ini berbahaya, kah? Menurut dokter yang memeriksa Hiro menyampaikan, kalau tidak ditangani dengan baik, anak yang ADB bisa lebih rentan terserang penyakit dan infeksi.

Hal tersebut terjadi karena ADB ini berpengaruh kepada sistem imunitas tubuh. Selain itu, ADB juga bisa berisiko mengalami komplikasi pada jantung dan paru-paru. Mendengar penjelasan tersebut, tentu saja sebagai seorang ibu pasti langsung khawatir terhadap kondisi tumbuh kembang putranya. Mantaplah saya memutuskan untuk berhenti bekerja dan fokus dengan mengurus anak-anak, termasuk memberikan nutrisi terbaik bagi mereka.

 

Waktu tak bisa kembali, pentingnya nutrisi bagi tumbuh kembang anak

Saya sadar betul kalau waktu tak bisa kembali. Anak-anak terus bertumbuh dan berkembang. Mereka membutuhkan nutrisi terbaik bagi pertumbuhan dan perkembangan tersebut.

Memiliki anak-anak yang tumbuh kembangnya optimal dan baik, adalah dambaan setiap orang tua. Oleh karena itu, memberikan nutrisi harian yang sehat dan seimbang bagi si kecil dalam masa pertumbuhannya sangatlah penting, agar anak-anak bisa tumbuh maksimal.

Sekali lagi, waktu tak bisa kembali, jadi saya bertekad untuk memberikan nutrisi terbaik dalam keseharian anak-anak, termasuk si lincah berusia 4 tahun. Memang apa saja sih, nutrisi terbaik buat si lincah berusia 4 tahun itu?

Nutrisi terbaik di Susu Formula buat si 4 tahun yang lincah

Pertama yang coba saya terapkan agar anak-anak mendapatkan nutrisi harian yang sehat dan seimbang adalah dengan menerapkan pola makan yang tepat. Mengatur pola makan si kecil dengan menerapkan 3 kali makan pokok dan 2 kali makan camilan dalam sehari. Tentu saja, untuk menerapkan hal tersebut membutuhkan stimulasi dan konsistensi.

Namun sebelumnya, kita perlu tahu dulu nutrisi terbaik apa saja, yang dibutuhkan buat anak-anak, termasuk si lincah berusia 4 tahun.

  1. Zat Besi

Zat besi diperlukan untuk menunjang perkembangan otak, otot, daya tahan tubuh, dan mencegah anemia. Sumber makanan yang mengandung zat besi tinggi ada pada bayam, daging merah, telur, kacang-kacangan, ikan, dan makanan serta minuman yang telah difortifikasi zat besi.

 

  1. Vitamin A

Sudah diketahui secara umum kalau vitamin A itu bermanfaat untuk kesehatan mata. Selain itu manfaat vitamin A bagi si kecil adalah untuk melindungi tubuhnya dari infeksi dan mengurangi risiko kematian. Sebab kekurangan vitamin A bisa menyebabkan si kecil menjadi rentan terserang penyakit mematikan seperti campak, diare, dan pneumonia.

Makanan yang memiliki vitamin A itu ada di sayuran, hati sapi dan ayam, telur, daging, dan juga makanan-makanan yang sudah difortifikasi.

 

  1. Omega 3

 Omega 3 inilah yang nantinya akan memberikan nutrisi terbaik bagi tubuh yaitu asam lemak esensial, yang bermanfaat dalam mengoptimalkan kecerdasan si kecil. Ada 2 jenis omega 3 yang penting bagi tubuh yaitu,

  • Omega 3 rantai panjang (eicosapentaenoic acid/ EPA dan docosahexaenoic acid/ DHA)
  • Omega 3 rantai pendek (alfa linolenat/ ALA)

Ala ini terdapat banyak dalam tumbuhan, seperti biji rami, kacang kenari, dan kacang kedelai. Sementara DHA dan EPA terdapat dalam ikan laut, seperti salmon.

 

  1. Omega 6

Ternyata Omega 3 perlu berduet dengan Omega 6 untuk menghasilkan asam lemak esensial. Asam lemak esensial inilah bahan baku dalam membentuk selubung sel saraf otak yang berfungsi mempercepat kerja otak. Bila pembentukan selubung ini tumbuh secara sempurna, maka daya tangkap si kecil akan luar biasa.

Omega 6 ini terdapat dalam minyak sayur, seperti minyak jagung, minyak kacang kedelai, serta kacang-kacangan, dan biji-bijian.

 

  1. Kalsium

Kalsium merupakan salah satu komponen yang berguna dalam menjaga kepadatan tulang dan gigi. Kalsium bisa didapatkan dari susu, yogurt, keju, serta sayuran hijau.

 

Setelah mengetahui 5 nutrisi terbaik yang dibutuhkan anak-anak, termasuk Hiro, semakin membuat saya giat dalam memberikan makanan serta minuman sehat buatnya, salah satunya memberinya susu formula yang tepat. Sebab memberikan susu formula yang tepat itu bagi saya, ibaratnya seperti mencari rekan kerja yang pas.

 

Pengalaman memberikan nutrisi terbaik di Susu Formula

susu formula morinaga
Gambar: Morinaga Chil*School Platinum

Sesudah tahu kalau nutrisi memiliki peranan sangat penting untuk menunjang tumbuh kembang si kecil, saya merasa perlu mencari rekan kerja yang pas dalam memberikan asupan terbaik buat ketiga buah hati saya saat ini. Tentu saja harapannya agar anak-anak bisa tumbuh menjadi anak yang sehat dan cerdas.

Saya paham kalau ASI (Air Susu Ibu), menjadi awal pemberian terbaik buat si kecil. Hal ini disebabkan karena adanya Alfa laktalbumin. Alfa laktalbumin ini adalah protein yang banyak terkandung dalam ASI, yang bermanfaat untuk memastikan jumlah asam amino yang dibutuhkan selama tumbuh kembang si kecil. Asam amino ini adalah kompinen penting dalam tumbuh kembang otak si kecil agar potensi kecerdasan yang dimilikinya bisa tercapai secara maksimal. Selain itu, Alfa laktalbumin juga menstimulasi kekebalan tubuh si kecil agar tidak mudah sakit.

susu formula Morinaga Chil*School Platinum
Gambar: Morinaga Chil*School Platinum

Bagi Hiro si lincah berusia 4 tahun, yang pastinya sudah berhenti ASI, saya merasa perlu untuk memberikan minuman sehat seperti susu formula, agar tumbuh kembangnya bisa tetap optimal.

Alhamdulillah, Hiro suka sekali dan cocok banget sama susu formula Morinaga Chil*School Platinum. Pokoknya, ke mana pun kami pergi, susu formula ini enggak boleh ketinggalan.

 

Yang bikin saya tenang kalau memberikan susu formula itu buat anak-anak karena ada kandungan MoriCare+ Zigma Triple Bifidus. Yang mana kandungan tersebut mendukung kecerdasan multitalenta anak usia 1 sampai 12 tahun.  MoriCare+ Zigma Triple Bifidus ini mendukung pertumbuhan otak, meningkatkan pertahanan tubuh ganda yang membantu perkembangan sistem imunitas tubuh dan kesehatan saluran cerna, serta membantu tumbuh kembang anak menjadi optimal.

 

Ingin mengetahui produk susu formula lebih jelas, Sahabat bisa banget lo, mengunjungi websitenya di www.morinagaplatinum.com atau via instagramnya yaitu @morinagaplatinum.

hiro bersama susu formula morinaga
Gambar: Hiro bersama Morinaga Chil*School Platinum

Pokoknya Hiro kalau abis minum susu ini langsung merasa semangat main bolanya, hehehe. Hiro bilang, “Rasa susunya enak, Bunda.”

 

Setelah menemukan rekan yang pas, saya tidak khawatir lagi terhadap nutrisi terbaik bagi tumbuh kembang Hiro, si lincah berusia 4 tahun, yang bermimpi menjadi pemain bola dan imam masjid. Jikalau Sahabat mungkin pernah merasa khawatir tentang nutrisi terbaik buat si kecil boleh lo, mencoba Morinaga Chil*School Platinum. Sebab rasanya enak dan pas banget buat Generasi Platinum Multitalenta usia 1 tahun sampai 12 tahun.

https://morinagaplatinum.com/id/produk/morinaga-chil-kid-platinum?utm_source=Blogger_Competition&utm_medium=Banner&utm_campaign=Campaign_Morinaga_GUM_Blogger_Competition_Aug_2020

26 pemikiran pada “5 Nutrisi Terbaik di Susu Formula Buat Si 4 Tahun yang Lincah”

  1. Ohya selain itu agar tumbuh kembang si kecil optimal, bukan hanya nutrisi saja yang perlu diperhatikan. Stimulasi pun memegang peranan penting.

    Sesibuk apapun kita luangkan waktu untuk membersamainya ketika bermain. Semangaatt buibu semuaaa

    Balas
    • Wah, terima kasih sudah menambahkan ya, bunda. Betul banget stimulasi juga penting dan bila ditambah pendampingan yang bermutu pasti akan luar biasa. Terima kasih sudah berkenan mampir ke blog ini

      Balas
  2. Anak saya mau 3 taun nih Mba, agak susah sih minum susu, kudu nyari susu yang enak dan dia suka nih, padahal ya banyak banget ya manfaat susu buat anak dalam masa pertumbuhan 🙂

    Nutrisi terbaik di susu amat membantu tumbuh kembangnya 🙂

    Balas
  3. susu Morinana Chlid School sangat membantu anak dalam perkembangan tumbuh kembang anak dan stimulasi kesehatan terjaga. Apalagi ketika 1000 hari pertama anak lahir kedunia harus dipantau kesehatan dan nutrisinya

    Balas
  4. wah usianya sama seperti anakku mba, dan pengalaman pas dia masih 19 bulanan pernah ADB berat, sampe berat badannya susah naik. Bahkan dibilang dokter anak subspesialis nutrisi anak, dr Meta Hanindita kalo anakku underweight. Duh emak mana yang gak galau kalo anaknya divonis gt di ruang praktik hehe. Sampe anakku disuruh terapi. Tapi semua sudah berlalu. Setelah masa MPASI pernah nyoba susu Morinaga juga, namanya Chilmil kalo yang buat 6 bulan keatas. Morinaga emang andalanku sejak anakku lepas ASI deh 🙂

    Balas
    • Wah, mbak Anggraeni punya pengalaman yang sama. Alhamdulillah, Hiro enggak perlu sampai dirawat, sih. Cuma memang perlu beberapa tambahan, baik makanan, minuman, termasuk susu, dan vitamin. Makanya sama susu Morinaga ini Hiro, suka banget, tenanglah saya, hehehe.

      Balas
  5. Banyak kandungan nutrisi yang diperlukan untuk tubuh terutama bagi anak-anak, untunglah sudah tersedia nutrisi tersebut di Morinaga Platinum

    Balas
  6. Ah. Seneng banget liat foto Hiro memegang segelas susu dengan wajah ceria. Tampak banget ekspresi anak sehat dengan asupan gizi yang mencukupi. Semoga tumbuh kembangnya semakin berkualitas dengan Chil Kid Platinum ya

    Balas

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.