5 Karakter Utama Wanita Independen di Drakor 2020

5 Karakter Utama Wanita Independen di Drakor 2020

karakter utama wanita di drakor 2020

 

Assalamualaikum Sahabat Lithaetr, mari masuki dunia parenting, inspirasi, dan hiburan (musik, film, buku, dan drama Korea).

Kita ngobrol yang ringan tapi bermanfaat saja, yuk. Semenjak pandemi salah satu pelepas stres saya adalah menonton drama Korea (drakor). Dari situlah saya pun mengenal berbagai macam sosok atau tokoh yang ada di dalam drakor, salah satunya karakter utama wanitanya.

Menurut saya, karakter utama wanita di drakor lebih bervariasi dibandingkan dengan tokoh utama dalam sinetron Indonesia. Walaupun di awal kemunculan drakor, karakter utama wanitanya masih menggunakan watak yang populer.

Memang karakter utama wanita yang populer di drakor itu yang bagaimana? Simak saja penuturan saya di sini.

 

Karakter utama wanita yang populer di drakor

song hye kyo karakter utama wanita

Di Indonesia, demam drama Korea melanda itu setelah Endless Love dan Full House. Bagi yang besar di tahun 90-an, seperti saya, masih ingat banget sama karakter Choi Eun Soo dan Han Ji Eun yang diperankan oleh Song Hye Kyo.

Karakter yang diperankan oleh Song Hye Kyo itu memiliki karakteristik wanita yang baik hati, mudah memaafkan orang lain walaupun orang tersebut sudah berkali-kali menyakiti hatinya, dan mau melakukan apa saja demi laki-laki yang dicintainya.

Walaupun Choi Eun Soo lebih feminim dibandingkan Han Ji Eun yang ceroboh, namun kepribadian mereka berdua terkesan seperti wanita yang mudah untuk ditindas.

Kalau diibarat cerita dongeng Indonesia, sosok karakter yang diperankan Song Hye Kyo mirip dengan watak Bawang Putih. Kalau di cerita Hollywood itu wataknya Cinderela.

Akan tetapi, seiring berjalannya waktu karakter-karakter utama wanita di drakor juga mengalami perubahan. Tak jarang karakter-karakter wanita di drakor menjadi wanita independen.

 

Apa itu independen?

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), arti independen adalah berdiri sendiri, berjiwa bebas, tidak terikat, dan merdeka.

Nah, di tahun 2020 ini drakornya juga mengangkat karakter utama wanita yang independen.

 

Baca juga,

3 aktris berbakat ini terpilih sebagai aktris drama terbaik

Tidak Cuma tinggi, 7 aktris ini punya selera fashion yang keren

 

 

Karakter utama wanita independen di drakor 2020

Hari ini gini masih suka sama karakter Cinderela? Kayaknya sudah enggak zaman, deh. Perempuan zaman now itu harus memiliki semangat juang ala Kartini atau Srikandi. Makanya kalau drakor mengangkat karakter utama wanita independen di drakor 2020, ini pas banget.

 

Ada beberapa karakter utama wanita indenpenden di drakor 2020, tapi kali ini saya akan membahas 5 tokoh saja. Apa kriterianya? Kriterianya, saya akan mengambil karakter utama wanita independen yang paling berkesan versi saya.

Bisa saja diambil dari drakor populer, rating tinggi, dan sedang tayang saat ini (on going). Ketika saya membahas 5 karakter utama wanita independen di drakor 2020 versi saya, akan saya berikan alasannya, mengapa saya terkesan dengan keunikannya.

Inilah daftar karakter wanita utama independen di drakor 2020,

  1. Jo Yi Seo, karakter utama wanita independen di drakor Itaewon Class

Kim Da Mi Itaewon Class

Drakor Itaewon Class salah satu drama yang populer dan memperoleh rating tinggi di tahun 2020. Selain karena ceritanya yang bagus, karakter tokoh-tokohnya juga menarik, salah satunya Jo Yi Seo.

Saya merasa karakter Jo Yi Seo ini kuat serta keren. Jo Yi Seo digambarkan sebagai wanita jenius, cantik, ahli dalam bidang marketing digital, dan berkomitmen. Walaupun dia anti sosial dan sulit untuk berempati pada orang lain, wanita ini tetap jujur jika berkaitan dalam mengemukakan pendapat serta bersaing.

Karakter yang diperankan oleh Kim Da Mi ini terlihat begitu independen. Wanita yang tetap kuat bertahan di kala musibah datang menerpanya. Begitu juga dalam masalah cinta.

Jo Yi Seo jatuh cinta dengan bosnya Park Sae Roy (dibintangi oleh Park Seo Joon). Walaupun dia tahu awalnya itu bentuk cinta bertepuk sebelah tangan, tapi wanita cerdas nan mempesona ini menjadikan dirinya sebagai sosok yang dibutuhkan bagi bosnya.

Sifatnya yang pantang menyerah, selalu memiliki solusi yang membangun, serta selalu ada di kala orang yang dikasihinya kesulitan, membuat karakter Jo Yi Seo membuat saya jatuh hati.

Mau tahu, bagaimana akting Kim Da Mi saat menjadi Jo Yi Seo? Saksikan dulu cuplikannya berikut ini,

 

  1. Woo Do Hee, karakter utama wanita independen di drakor Dinner Mate

Seo Ji Hye Woo Do Hee

Salah satu drakor yang membuat saya susah move on. Dibintangi oleh aktris yang sedang mencuri perhatian, Seo Ji Hye, membuat karakter Woo Do Hee langsung bersinar di hati saya.

Woo Do Hee diceritakan sebagai wanita yang berprofesi sebagai sutradara konten acara ragam di youtube, terlihat luar biasa di mata saya. Sebab, saya juga masih bermimpi menjadi sutradara.

Sesudah ditinggal oleh cinta pertama dan dikhianati kekasihnya, tak membuat Woo Do Hee terpuruk. Dia justru melampiaskan rasa sakitnya dengan bekerja menghasilkan karya terbaik.

Kemudian di kala cinta pertama kembali datang, Woo Do Hee, bukanlah tipe wanita yang mau terhadap hubungan cinta lama bersemi kembali (CLBK). Ia dengan tegas mengatakan kalau hubungan mereka sudah berakhir dan menjadi masa lalu.

Tentu saja, melihat sikap Woo Do Hee tersebut, saya pun setuju. Buat apa kembali kepada pria yang pernah menyakiti kita, betul? Oleh karena itu, karakter Woo Do Hee ini masuk ke daftar ini.

 

Baca juga,

7 dialog terfavorit dari drakor itaewon class

9 adegan romantis dinner mate

 

  1. Han Yeo Jin, karakter utama wanita independen di drakor Stranger season 1 dan 2

Bae Doo Na Stranger

Drakor Stranger ini merupakan drama yang selalu memperoleh rating tinggi di setiap musim tayangnya. Season 2-nya baru saja tamat pekan lalu dan karakter utama wanita-nya yang bernama Han Yeo Jin tetap melekat di hati saya.

Han Yeo Jin berprofesi sebagai polisi. Mungkin karena profesinya itu membuat gadis ini selalu terlihat tangguh, pantang menyerah, jujur, dan jago bela diri.

Sudah pasti Han Yeo Jin begitu berkesan karena diperankan oleh aktris senior Bae Doo Na. Aktris yang sudah berkecimpung di dunia akting selama 21 tahun ini sukses menggambarkan wanita independen dalam karakternya.

Mau tahu akting Bae Doo Na ketika menjadi Han Yeo Jin? Yuk, lihat cuplikannya,

 

  1. Ahn Jeong Ha, karakter utama wanita independen di drakor Record of Youth

Park So Dam Record of Youth

Record of Youth, salah satu drama Korea yang sedang tayang (on going) dan sedang hangat jadi perbincangan. Drakor yang menjadi proyek terakhir Park Bo Gum sebelum wajib militer (wamil) ini, membuat saya terkesima dengan karakter Ahn Jeong Ha.

Ahn Jeong Ha diceritakan berprofesi sebagai ahli make up dan youtuber. Karakteristiknya digambarkan sebagai wanita yang independen. Ia jujur, berani mengambil tantangan sekaligus mengungkapkan pendapatnya, dan pandai mengatur keuangan.

Park So Dam berhasil memerankan Ahn Jeong Ha yang jatuh cinta terhadap idolanya. Walaupun ia menjadi kekasih seorang idola, Ahn Jeong Ha tetap berusaha mewujudkan mimpinya sendiri.

Wanita pekerja keras ini selalu mempertimbangkan sebab dan akibat dari setiap tindakannya. Sosoknya yang detil terhadap segala hal, membuat saya kagum dengan watak Ahn Jeong Ha.

 

  1. Chae Song Ah, karakter utama wanita independen di drakor Do You Like Brahms?

Park Eun Bi Chae Song Ah

Do You Like Brahms, juga termasuk drakor yang masih tayang (on going). Drama ini bertema musikal dan seketika membuat saya terpesona.

Menurut saya, karakter wanitanya yang bernama Chae Song Ah ini unik. Berbeda dengan keempat karakter di atas, Chae Song Ah, terlihat seperti gadis yang lebih mudah tertindas.

Akan tetapi, Chae Song Ah termasuk wanita independen dalam hal mewujudkan mimpinya. Sosok yang diperankan Park Eun Bi ini bercita-cita ingin menjadi pemain biola dan ia teguh berusaha mencapai mimpinya.

Watak Chae Song Ah, digambarkan sebagai wanita yang introver. Menurut saya pribadi, dalam drama Korea karakter utama jarang ditampilkan memiliki sifat introver. Oleh karena itu, membuat karakter utama wanita independen ini berbeda.

Penasaran mengapa Chae Song Ah mempesona hati saya? Mari kita tonton cuplikannya,

 

Itulah 5 karakter wanita utama independen di drakor 2020. Dari pemeran-pemeran itulah saya merasa mendapatkan beberapa pelajaran hidup.

 

Pesan kehidupan dari adanya karakter utama wanita independen di drakor 2020

Memang kita tidak bisa memilih untuk menjadi wanita atau laki-laki, tapi yang bisa kita pilih adalah bagaimana sikap kita dalam menapaki hidup ini.

Karakter-karakter wanita utama independen di drakor 2020 yang sudah saya sebutkan di atas, memiliki satu garis lurus yang sama, yaitu memiliki sifat jujur, pantang menyerah, pekerja keras, dan memiliki prinsip hidup yang jelas.

Selain itu, mereka memiliki tujuan dalam hidup dan berusaha mengembangkan keterampilan sesuai hal yang mereka sukai serta nikmati. Hal-hal itulah yang menurut saya tepat bagi wanita masa kini.

Bukan lagi saatnya cerita menjual mimpi semata, tetapi cerita bagaimana mewujudkan mimpi itu dengan penuh perjuangan. Bagaimana jalan yang penuh liku tersebut tetap ditapaki dengan bahagia.

Yups, itulah pesan kehidupan dari karakter utama wanita independen di drakor 2020. Buat sahabat Lithaetr, ada enggak karakter utama wanita yang paling berkesan? Kalau ada silakan ditulis di kolom komentar, ya. Terima kasih.

3 pemikiran pada “5 Karakter Utama Wanita Independen di Drakor 2020”

    • Lebih suka karakter geum Jan di versi Jepangnya, hehehehe. Kalau Koo Moon Young harus dibahas versi tersendiri kakak. Dia versi impian brutalku soalnya, hahahaha.

      Balas

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.