5 Fakta Drakor Bossam: Steal The Fate

drakor bossam

 

Assalamualaikum Sahabat Lithaetr, mari masuki dunia lifestyle, parenting, inspirasi, dan hiburan (musik, film, buku, dan drama Korea).

Yeay, diriku kembali setelah vakum selama 1 bulan. Untuk tulisan pertama saya mau mengulas drakor (drama Korea) Bossam: Steal The Fate. Mengapa saya mau mengulas drama sageuk ini? Bossam: Steal The Fate ini salah satu drakor yang sedang naik daun.

Mengapa naik daun? Dikarenakan Bossam: Steal The Fate adalah salah satu drakor yang sedang tayang atau ceritanya belum tamat. Drama Bossam: Steal The Fate baru mengudara pada 1 Mei 2021 dan cukup mendapatkan banyak perhatian dari Kdrama Lovers (pecinta Korean drama).

Walaupun mengalami penurunan rating pada pekan kemarin, drama Bossam: Steal The Fate, masih merajai dua teratas perolehan rating untuk drama yang tayang di akhir pekan. Diambil dari kontan.co.id (07/06/2021), episode terbaru Bossam: Steal The Fate yang tayang di MBN mengalami sedikit penurunan rating. Menurut Nielsen Korea, drama Korea terbaru itu meraih rating 7,1 persen.

Alasan itu jugalah yang membuat saya ingin mengulas drakor Bossam: Steal The Fate ini. Sebenarnya saya bukan suka drakor hanya dari segi rating semata, tapi juga melihat beberapa faktor lainnya. Apakah saja itu? Ikutin saja tulisannya di sini, ya.

Apakah Bossam itu?

Bagi saya, drakor Bossam: Steal The Fate ini memiliki judul yang menarik, sehingga membuat saya ingin mencari tahu apa sih, arti bossam itu? setelah saya cari di mesin pencarian terbesar, kata bossam ini merujuk ke salah satu jenis makanan Korea.

Akan tetapi, maksud bossam yang dimaksud dalam drakor Bossam: Steal The Fate itu adalah sebuah istilah bagi aksi pencurian janda pada era joseon. Maksud kata bossam segera diberitahukan oleh para pemeran utama dalam drama Bossam: Steal The Fate tersebut.

Lalu, apakah benar ada tradisi bossam pada era Joseon Korea? Merujuk dari kata-kata yang keluar pertama kali di setiap tayangan drama Bossam: Steal The Fate, bahwa kejadian ini berdasarkan sejarah, tapi ada penambahan cerita, tokoh, dan konflik di dalamnya, bisa kita simpulkan kalau aksi bossam pernah ada dalam sejarah Korea.

Akan tetapi, kita perlu mempelajari lebih jauh lagi kalau ingin mengetahui sejarah sebenarnya tentang bagaimana detil kebenaran soal aksi bossam yang sesungguhnya. Mengapa? Sebab, belajar sejarah itu harus dari sumber yang terpercaya seperti buku-buku sejarah, jangan hanya dari cerita sebuah drama.

Sebuah drama sejarah, hanya dibuat agar kita mau atau berkenan mencari tahu kebenaran akan sejarah yang sebenarnya. Itulah mengapa setiap drakor sejarah yang dibuat oleh negeri gingseng selalu menarik, salah satunya ya, Bossam: Steal The Fate ini.

Sebenarnya drakor Bossam: Steal The Fate ini bercerita tentang apa, sih?

 

Sinopsis Drakor Bossam: Steal The Fate

sinopsis drakor bossam

Bossam: Steal The Fate memiliki garis besar cerita tentang perebutan kekuasan dan cinta segitiga. Buat drama berlatar sejarah, cerita seperti itu sudah biasa. Lalu, apa yang menarik dari Bossam: Steal The Fate?

kwon yuri bossam

Bossam: Steal The Fate bercerita tentang seorang janda yang berasal dari keluarga bangsawan bernama Soo Kyung (diperankan oleh Kwon Yuri, salah satu personil grup perempuan terbesar Korea SNSD). Soo Kyung ini bukanlah janda bangsawan biasa, karena dia adalah putri dari seorang raja bernama Raja Gwanghee (diperankan oleh Kim Tae Woo) dan menantu dari perdana menteri yang bernama Lee Yi Cheom (diperankan oleh Lee Jae Young).

kim tae woo bossam

lee jae young bossam

Oleh karena itu, Putri Soo Kyung pun mendapatkan gelar janda kehormatan dari istana. Walaupun ia berstatus janda, tapi sebenarnya Putri Soo Kyung itu adalah seorang janda kembang.

Sahabat Lithaetr, sudah tahu dong maksud dari janda kembang? Janda kembang itu adalah seorang istri yang ditinggal meninggal oleh suaminya, tapi belum sempat melakukan hubungan suami istri setelah menikah. Sebab, suami Putri Soo Kyung, meninggal setelah acara pernikahan digelar.

Perubahan statusnya yang mendadak menjadi janda, membuat kehidupan percintaan Putri Soo Kyung pun hancur lebur, karena di era Joseon, wanita yang sudah berstatus janda sulit untuk diperbolehkan menikah lagi dan harus terus mengabdi seperti menantu kepada ayah mertuanya.

shin hyun soon bossam

Itu jualah yang dilakukan oleh Putri Soo Kyung setelah berstatus janda. Tadinya kepribadian putri Raja Gwanghee ini periang dan cerdas, tapi setelah menjanda ia pun berubah menjadi lebih pendiam dan murung, sehingga membuat adik iparnya Lee Dae Yeob (diperankan oleh Shin Hyun Soo) sering menghiburnya.

Selain hubungan kakak dan adik ipar, hubungan Putri Soo Kyung dan Lee Dae Yeob ini adalah sahabat sejak kecil. Kok, enggak menikah? Dikarenakan masalah politik dan pertarungan kekuasaan antara Raja Gwanghee dan Perdana Menteri Lee Yi Cheom, membuat putri Soo Kyung dinikahkan dengan kakak laki-laki kedua Lee Dae Yeob.

Walaupun demikian perasaan cinta Lee Dae Yeob terhadap Putri Soo Kyung masih ada dan cukup membara serta dalam, sehingga ketika terjadi bossam untuk janda kembang itu, laki-laki itulah yang paling bersikeras untuk mencari dan menemukan dimana Soo Kyung berada.

jung il woo bossam

Aksi bossam Putri Soo Kyung ini dilakukan oleh Ba Woo (diperankan oleh Jung Il Woo). Siapakah Ba Woo? Ia adalah seorang pemuda berstatus duda yang memiliki kehidupan yang menyedihkan nan sembrono. Demi bertahan hidup Ba Woo ini hidup dari mencuri dan menipu.

Akan tetapi, ada rahasia besar mengapa Ba Woo harus hidup sembrono dan menyedihkan seperti itu dan misteri itu pun terungkap setelah ia menculik janda Putri Soo Kyung. Aksi bossam yang dilakukan Ba Woo juga membuatnya terlibat dalam hubungan cinta segi antara dirinya, Soo Kyung, dan Lee Dae Yeob.

Bagaimana kelanjutan cerita drakor Bossam: Steal The Fate? Silakan saksikan dulu cuplikan adegannya berikut ini,

 

5 Fakta Drakor Bossam: Steal The Fate

Setelah melihat cuplikan adegan di atas, kira-kira apa yang ada di benak sahabat Lithaetr? Pastinya cerita drakor Bossam: Steal The Fate cukup menarik untuk ditonton. Oleh karena itu, saya akan mencoba memberikan 5 fakta terkait drakor Bossam: Steal The Fate, yang bisa dijadikan referensi apakah sahabat Lithaetr mau mencoba menyaksikan atau tidak,

  1. Drakor sejarah yang membahas tentang bagaimana cara janda agar bisa menikah lagi

Menurut saya, drakor yang mengangkat tentang janda itu jarang dan drakor Bossam: Steal The Fate, termasuk yang mengangkat cara agar janda tersebut bisa menikah lagi, sehingga cerita ini menjadi menarik.

  1. Pemeran utamanya yang memiliki banyak penggemar

Buat penggemar musik Korea (Kpop) tahun, pasti tidak asing dengan yang namanya SNSD atau Girls Generation. Nah, drakor Bossam: Steal The Fate mendapuk Kwon Yuri, salah satu personil SNSD sebagai pemeran utama wanitanya. Ia berakting sebagai Putri Soo Kyung.

Kemudian, booming-nya minuman dalgona kopi beberapa waktu lalu, membuat nama Jung Il Woo juga terkenal, karena ia-lah yang mempopulerkan kopi dalgona itu. Jung Il Woo berperan sebagai Ba Woo, salah satu pemeran utama pria.

Dengan mendapuk pemeran utama yang memiliki banyak penggemar, harapannya drakor Bossam: Steal The Fate, bisa meraih rating tinggi. Untuk rating juga sudah terbukti kalau tinggi. lo (silakan baca di atas, ya).

  1. Drama sageuk atau drakor sejarah pertama yang diproduksi oleh tv kabel MBN

Dirilis dari detik.com (02/06/2021), drakor Bossam: Steal The Fate ini menjadi drama sageuk pertama yang diproduksi, dibuat, didistribusikan, dan ditayangkan oleh MBN. Sebab, selumnya MBN identik dengan cerita kisah-kisah keluarga masa kini, seperti My Dangerous Wife dan Graceful Family.

Oleh karena itu, penggemar Kdrama Lovers, penasaran tentang bagaimana cerita dari drakor Bossam: Steal The Fate. Apakah akan memikat seperti kisah keluarganya? Untuk membuktikan hal tersebut, enaknya kita tonton, iya kan?

  1. Disutradai oleh sutradara dan penulis naskah yang luar biasa

Selain pemeran utamanya, sutradara dan penulis naskah drakor Bossam: Steal The Fate juga luar biasa. Sutradara Kwon Suk Jang memiliki beberapa drama hit, seperti Pasta, Golden Time, dan Avengers Social Club.

Sementara penulis drakor Bossam: Steal The Fate, yaitu Kim Ji Soo juga memiliki karya yang terkenal seperti Medical Brothers dan Rascal Sons. Bagaimana semakin tertarik untuk mencoba menonton drakor Bossam: Steal The Fate ini?

  1. Akting pemeran pendukung yang keren semakin menguatkan konflik cerita

Kesuksesan sebuah karya audio visual itu terjadi karena kerjasama seluruh tim, termasuk akting seluruh aktor dan aktrisnya, baik untuk pemeran utama, pemeran pendukung, hingga ekstras.

Di drakor Bossam: Steal The Fate ini kualitas akting aktor dan aktris pendukungnya begitu keren, sehingga makin menguatkan konflik ceritanya. Lihat saja kualitas akting para aktor dan aktris drama Bossam: Steal The Fate berikut ini,

 

Bagaimana, sudah mendapatkan gambaran tentang drakor Bossam: Steal The Fate? Silakan sahabat Lithaetr berikan tanggapannya ya, terima kasih.

42 thoughts on “5 Fakta Drakor Bossam: Steal The Fate”

  1. Saya tu agak underestimate sama drama-drama berlatar kerajaan sebelum menonton langsung. Tapi kok ini menarik. Perjuangan janda agar bisa menikah lagi. Segitunya ya kehidupan jaman dulu. Seolah janda nggak boleh bahagia lagi. Nonton ah

    Reply
  2. Aku tahunya janda kembang itu artinya janda cantik, ternyata di sini maksudnya yang masih perawan, ya. Penasaran sama arti bossam dan cara janda menikah lagi.

    Reply
    • Maksudnya bossam kalau dari drakor ini adalah aksi penculikan janda agar bisa menikah lagi. Akan tetapi kalau bosaam lain adalah salah satu jenis makanan yang ada di Korea. Kalau detil cara janda menikah lagi harus baca literasi buku sejarah Korea, sepertinya hehehe

      Reply
  3. Owalaaa, baru paham kalo Bossam: Steal The Fate itu adalah sebuah istilah bagi aksi pencurian janda pada era joseon.
    Hmm, kayaknya boljug nih buat jadi tontonan kalo lagi gabut
    makasi review-nya mba

    Reply
    • Bossam-nya yang aksi penculikan janda biar bisa nikah lagi, karena diculik jadilah merubah takdirnya. Itulah maksud pencuri yang mengubah takdir (steal the fate)

      Reply
  4. Yuri SNSD memang cocok banget memerankan peran putri ya… ayu dan feminim banget si Mbak Yuri ini (sok akrab,hehe). Saya bukan penggemar drama sejarah korea sebetulnya, karena biasanya jumlah episodenya buanyak. Saya enggak kuat ngikutinnya,hehe.

    Reply
  5. Molly lagi suka nih sama drama korea yang bergenre saeguk..seru aja bisa sambil belajar sejarah

    Reply
  6. Jadi pengen googling juga makanan Korea bernama bossam. Tetapi, cerita di drakor ini juga bagus kayaknya, ya. Ada latar belakang sejarah. Jadi pengen tau juga kan sejarahnya seperti apa.

    Reply
  7. Duh gak cuma sinetron di Indonesia aja yang ada juga menceritakan kehidupan janda kembang, ternyata drakor juga ada juga kisah janda kembang. Patut ditonton nih filmnya, makin penasaran film bossam ini.

    Reply
  8. Baru tahu istilah bossam. Dan setuju, belajar sejarah itu harus dari sumber yang terpercaya seperti buku-buku sejarah, jangan hanya dari cerita sebuah drama. Tapi memang cerita berlatar sejarah jangan ditelan mentah-mentah, karena pasti ada bunga-bunganya. Kita mesti cari sumbernya dan dapatkan faktanya. Memang keren cara mengemas sejarah di negeri asal ginseng ini ya..

    Reply
  9. Jadi penasaran sama drakor Bossam: Steal The Fate. Soalnya aku sebenarnya bukan penggemar drakor sejarah tapi setelah baca ulasan jadi pengen tau isi filmnya hehe

    Reply
  10. Saya mempunyai ketertarikan terhadap film yang diambil dari kisah nyata atau sejarah, walaupun inti ceritanya tidak jauh-jauh dari Kekuasaan dan Cinta Segita. Saya penasaran bagaimana sang Sutradara mengemas film ini agar menarik dan enak di tonton.

    Reply
  11. Drakor yg berlatar belakang sejarah dan kerajaan, selalu menarik bagi saya, rekomendasi drakor berlatar sejarah lainnya yg recomended yaitu empress ki, 1000 my princess

    Reply
    • Banyak kakak, hehehe. Yang terbaru juga banyak kok, yang keren. Coba main-main di blog saya ini kak, saya lumayan mengulas beberapa drakor tema kerajaan, lo

      Reply
  12. Woaahh temanya unik juga ya. Baru kali ini saya tahu ada tema khusus membahas tentang janda dan bossam. Di jaman kuno tentulah banyak aturan yang menyebabkan status janda ini jadi ribet dan njlimet untuk diterangkan. Asli jadi penasaran pengen nonton. Apalagi saya penggemar drama/film kolosal/saeguk. Bahkan betah duduk ini sih.

    Reply
    • Sageuk bukan saeguk kakak. Dulu saya juga salah ucap, cuma dibenarkan sama kawan yang belajar di Korea kalau penyebutan yang benar itu sageuk bukan saeguk.

      Reply
      • Ternyata perlu diculik dulu ya mbak, biar bisa menikah lagi, hehe. Soal drakor, aku enggak pilih-pilih genre sih, suka film bergenre sejarah juga tapi mo nonton kudu nyempetin dua bocil tidur dulu, hihihi

        Reply
        • soalnya kalau zaman joseon, janda itu kayak hidup segan mati tak mampu, sehingga kayak susah hidup bahagia lagi. Kalau mau bahagia ya, kabur atau di bossam itu

          Reply
  13. Drakor nya menarik nih, kebetulan Saya juga suka drakor dengan latar kerajaan karena banyak konflik dan Trik yang bisa di pelajari

    Reply
  14. Daku suka drakor yang berbau sejarah, meski sih biasanya jumlah episodenya panjang dari drakor lainnya. Namun begitu nontonnya bisa menambah pengetahuan juga

    Reply
  15. Aku baru tahu ada drama Bossam lewat tulisan ini. Biasanya langsung pengen nonton, tapi karena masih ada 3 drama on going yang kuikuti, jadi buat nanti nanti saja. Dari ulasannya tampak menarik. Tfs mbak.

    Reply
  16. Seru nih kayaknya. Aku suka deh dengan drama saeguk begini. Kebetulan baru beres nonton River Where The Moon Rises. Siap2 nonton yang ini aaah…

    Reply

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.