Drakor The Red Sleeve Cuff atau Secret Royal Inspector & Joy

Drakor The Red Sleeve Cuff atau Secret Royal Inspector & Joy

drakor the red sleeve

 

Assalamualaikum Sahabat Lithaetr, mari masuki dunia lifestyle, parenting, inspirasi, dan hiburan (musik, film, buku, dan drama Korea).

Saya baru menikmati 2 drama Korea (drakor) Sageuk yaitu The Red Sleeve Cuff dan Secret Royal Inspector & Joy. Akhir tahun 2021, saya tutup dengan menikmati cerita berlatar sejarah.

Mengapa sih, saya suka dengan drakor The Red Sleeve Cuff dan Secret Royal Inspector & Joy? Tetap terusin membacanya ya, sahabat.

Sebelum saya membahas tentang dua drama yang dibintangi oleh anggota dari boyband 2PM, saya mau menjelaskan sedikit mengapa penulis suka menonton cerita drakor yang berlatar kerajaan. Alasan pertama, karena saya kagum dengan cara kreator Korea mengemas ceritanya dan membungkus dengan tempat, pakaian, serta atribut dengan maksimal.

Akhir-akhir ini saya terkejut dengan ayahnya anak-anak yang suka nonton tutur tinular versi baru. Dia bilang ke saya ceritanya seru, kok. Ada yang lucu juga. Jadilah saya penasaran dan akhirnya ikutan menonton juga. Saya melihat sudah banyak perubahan baik yang terjadi, tapi saya belum bisa langsung jatuh cinta saat menyaksikan pertama kali.

Sudah pernah saya bahas, kalau Lithaetr itu tipikal yang ‘love at the first sight’. Harus ada getaran saat melihat pertama kali, inilah yang saya rasakan saat menyaksikan drama Korea bertema sejarah. Saat saya menonton Jewel In The Palace, penulis beneran terpukau dengan cerita, pakaian, lokasi, dan cara pengambilan gambarnya.

Alasan keduanya adalah karena memberikan suasana romantisme yang sopan. Saya merasa saat kita menyukai seseorang, akan lebih baik kalau kita ingin selalu menjaganya, termasuk tidak melakukan hal-hal tidak sopan sebelum pujaan hati sah (halal) menjadi milik kita.

Inilah juga yang diajarkan oleh agama saya yaitu Islam. Setelah menikah, barulah laki-laki dan perempuan yang bukan muhrim boleh berduaan. Saya merasakan ada kenyamanan itu saat melihat drakor sageuk. Yang mana mereka menjaga kesucian diri masing-masing sampai menikah.

Itu sih, alasan terbesar mengapa saya selalu jatuh hati sama cerita Korea yang berlatar kerajaan. Selain alasan yang sudah saya tulis sebelumnya. Baiklah sekarang sahabat Lithaetr, ketahui dulu apa sih, cerita dari drakor The Red Sleeve Cuff.

 

Sinopsis drakor The Red Sleeve Cuff

junho the red sleeve

Drakor The Red Sleeve Cuff bercerita tentang Putra Mahkota Yi San (diperankan oleh Lee Junho 2PM) yang memiliki mimpi ingin menjadi raja yang bijaksana kelak. Oleh karena itu, ia melakukan pertemuan diam-diam dengan beberapa orang kepercayaannya untuk membasmi pejabat yang korup.

Ia menjadi putra mahkota setelah menggantikan ayahnya putra mahkota Sado meninggal karena sakit jiwa. Kakeknya yaitu Raja Youngjo langsung mengangkat Yi San menjadi putra mahkota walaupun ada kontroversi.

Oleh karena itu, Yi San mendapatkan banyak sorotan dari setiap tindak tanduknya. Begitupula saat ia mulai jatuh cinta dengan dayang pribadinya yang bernama Sung Deok Im (diperankan oleh Lee Se Young).

Drama Korea The Red Sleeve (nama lain dari The Red Sleeve Cuff) ini adalah karya adaptasi dari novel berjudul sama karya Kang Mi Kang, yang teinspirasi kisah nyata kisah cinta Raja Jeongjo dan selirnya yang bernama Sung Ui Bin.

Penasaran dengan ceritanya? Sahabat bisa menyimak lewat cuplikannya berikut ini,

 

Sinopsis drakor Secret Royal Inspector & Joy

taecyeon secret royal inspector joy

Setelah mengetahui sinopsisnya drakor The Red Sleeve, kita simak juga ringkasan cerita dari drakor Secret Royal Inspector & Joy. Drama ini bercerita tentang Ra Yi Eon (dibintangi oleh Taecyeon 2PM), seorang pejabat kerajaan dan bersahabat dengan putra mahkota (dibintangi oleh Lee Joon Hyuk).

Persahabatan mereka didasari ingin memberantas pejabat korup dikerajaan, tapi sayang mimpi tersebut belum sempat tercapai karena putra mahkota meninggal dunia. Kepergiaan putra mahkota membuat Ra Yi Eon hilang semangat dalam bekerja hingga ia ditunjuk sebagai inspektur rahasia kerajaan.

Saat ia mengerjakan misi, inspektur rahasia kerajaan ini berjumpa dengan seorang janda bernama Kim Jo Yi (dibintangi oleh Kim Hye Yoon). Dari pertemuan inilah Ra Yi Eon seakan menemukan kembali alasan untuk memberantas pejabat korup, sehingga ia sigap menjadi inspektur rahasia kerajaan.

Biar sahabat ada gambaran, saya perlihatkan cuplikannya deh,

 

3 Persamaan The Red Sleeve Cuff dengan Secret Royal Inspector & Joy

Sesudah mengetahui ringkasan cerita keduanya, sekarang saya akan mencoba membahas

  1. Aktor utama adalah seorang idol

adu akting junho taecyeon

Sudah sempat saya sebutkan di atas kalau drakor The Red Sleeve sama Secret Royal Inspector & Joy itu dibintangi oleh idol boyband 2PM yaitu Lee Junho (Junho) dan Ok Taecyeon (Taecyeon). Bagi keduanya berakting di drakor sageuk adalah pengalaman pertama.

The Red Sleeve merupakan drakor comeback Junho ke dunia akting. Sementara untuk Taecyeon semakin membuktikan kalau dia berani ambil peran yang berbeda, setelah berperan sebagai karakter antagonis di drakor Vicenzo.

Saya menikmati melihat kedua idol ini berakting. Melihat mereka berpakaian tradisional Korea, ternyata luar biasa.

  1. Memiliki pesan moral

Baik drama The Red Sleeve Cuff dan Secret Royal Inspector & Joy memiliki pesan moral, yaitu memberantas pejabat korup demi rakyat sejahtera. Cuma dibahas dari sudut pandang putra mahkota dan inspektur rahasia kerajaan.

Selain itu pesan positif berikutnya adalah kebaikan pasti selalu menang melawan kejahatan. Walaupun butuh perjuangan yang sangat saat menjalani prosesnya.

  1. Respon positif dari penonton

Rating drakor Junho dan Taecyeon ini sama-sama baik dan pernah menempati posisi pertama. Jika Secret Royal Inspector & Joy ditayangkan Senin dan Selasa, di penayangan waktu tersebut drakor ini memperoleh peringkat nomor satu.

Sementara drakor The Red Sleeve yang tayang di Sabtu dan Ahad, dengan pertempuran di jam tersebut yang sengit, cerita cinta antara raja dan asisten pribadi wanitanya ini tetap menarik perhatian pemirsa dan mendapatkan rating baik.

Itulah persamaan diantara kedua drama sageuk yang saat ini masih tayang (ongoing). Sahabat bisa menyaksikan The Red Sleeve Cuff di Viu dan Secret Royal Inspector & Joy di Iqiyi.

 

3 Perbedaan The Red Sleeve Cuff dengan Secret Royal Inspector & Joy

Lalu buat sahabat yang semisal ingin mencoba menonton dan bingung harus memilih yang mana, maka saya akan mencoba memberikan perbedaan drakor The Red Sleeve Cuff dengan Secret Royal Inspector & Joy. Inilah perbedaannya,

  1. Genre berbeda

Buat sahabat yang mungkin tidak terlalu suka cerita yang serius mungkin bisa memilih Secret Royal Inspector & Joy. Walaupun bercerita tentang inspektur rahasia kerajaan, tapi penggambaran karakter Ra Yi Eon yang dibuat hobi memasak, buta arah, ceria, cerdas, dan canggung dengan wanita ini membuat ceritanya terkesan lebih lucu.

Kalau drakor yang diperankan Junho dengan Lee Se Young lebih serius dan intens konflik. Walaupun begitu The Red Sleeve tidak membosankan untuk diikuti. Sebab banyak adegan klise yang bisa membuat jantung penonton berdegup dengan kencang.

 

  1. Perbedaan hari dan jam tayang

Buat sahabat yang enggak pengen nonton sampai pagi, coba deh, memilih drakor yang masih tayang. Maka di satu hari itu sahabat hanya akan menonton 1 drama saja. Dikarenakan drakor The Red Sleeve Cuff dan Secret Royal Inspector & Joy berbeda hari dan jam tayangnya, kalaupun sahabat mau nonton keduanya, bisa lo.

 

  1. Variasi setting tempat

Secret Royal Inspector & Joy karena bercerita tentang inspektur rahasia kerajaan yang harus berkelana memecahkan kasus pejabat korupsi di luar istana, maka tempat-tempat terjadinya konflik cerita pun menjadi beragam.

Namun tidak begitu dengan drakor The Red Sleeve Cuff. Drakor yang bercerita tentang kehidupan putra mahkota pasti akan lebih banyak diperlihatkan sisi sisi istana, tempat dimana calon raja tersebut tinggal.

Nah, kalau sahabat sendiri kira-kira mau nonton yang mana, nih? Silakan berikan tanggapan di kolom komentar, ya. Terima kasih.

31 pemikiran pada “Drakor The Red Sleeve Cuff atau Secret Royal Inspector & Joy”

  1. Aku juga suka drakor dengan latar sejarah, Kak. Kalo baca sinopsis kedua drakor di atas, kayaknya aku suka keduanya, deh. Mungkin nonton The Red Sleeve dulu, baru kemudian yang Secret Royal Inspector & Joy..

    Balas
  2. Melihat drakor yang settingnya pake kerajaan gitu seru yaaa… suka deh lihat kostumnya. Mirip-mirip dengan baju adat kerajaan di Nusantara jaman dulu yaa.. Yang drakor gini keren-keren teknik syuting dan editingnya hingga jadi satu kesatuan cerita.

    Balas
  3. Jadi penasaran nih Mbak. Satu-satunya drakor yang aku tonton tuuh yg Jewel in the Palace itu zaman kapaan. Masih inget aja ama Jang Geum yg manis. Kapan-kapan ah kepoin nonton di mananya…

    Balas
  4. Kebetulan aku juga paling suka drakor genre sageuk, suka sama cara berpakaian perempuan di masa Joseon terutama keluarga kerajaan, warnanya bagus-bagus banget. Akhir tahun ini drama sageuk banyak dibintangin idol ya, nggak hanya dua drakor di atas ada satu lagi The King’s Affection juga aktor utamanya cowok.

    Balas
  5. saya belum nonton 22nya. kalau drama saeguk memang saya kurang tertarik nonton sih biasanya. terakhir itu nonton bossam aja itu juga nontonnya kilat. heu. tapi memang korea kalau bikin drama saeguk selalu keren sih. mereka bisa menjadikan sebuah momen dalam sejarah jadi cerita yang menarik dikemas

    Balas
    • Kalau sageuk malah benang merahnya ada yang sama, tapi alur cerita dan konfliknya dibedakan atau diambil dari sudut pandang berbeda. Jadinya tetap menarik. Keren tim kreatifnya Korea Selatan itu

      Balas
  6. Aku mau nambahin lagi aah..perbedaannya.
    Kalau Red Sleeve based on history, kalau Joy, hanya latar sageuk, tapi ceritanya pengembangan imajinasi penulis drama.

    Kak Litha keren sekali…selalu menemukan celah persamaan dan perbedaan.
    Ini jadi penonton kritis.

    Balas
    • Betul kakak Lencin. Kalau red sleeve memang terinspirasi dari kisah nyata. Kalau joy, hanya ambil latar sejarah. Namun untuk cerita dia fiksi memang. Pengen ngulas lebih ke teknis next-nya, kakak. Semoga bisa hehehe

      Balas
  7. Kayanya Secret Royal Inspector Joy menarik nih. Kapan hari lihat trailer dan cuplikan-cuplikan adegannya ada yang lucu. Pas baca pemeran utamanya langsung terpikir ini yang main idol dari grup yang sama ya? Keren ya jadi idol dan aktor gitu.

    Balas
  8. Waktu baca nama pemerannya langsung terpikir ini para idol dari grup yang sama, ya, 2PM. Keren banget jadi idol sekaligus aktor. Pernah nonton trailer dan cuplikan Secret Royal Inspector Joy, kayanya lucuuu. Saya tuh suka dengan drakor sageuk karena total gitu, lho. Baju, lokasi trus detil2nya tuh kek dipikirin serius banget.

    Balas
  9. Mungkin saya memilih Secret Royal Inspector & Joy. karakter Ra Yi Eon yang dibuat hobi memasak, buta arah, ceria, cerdas, dan canggung dengan wanita ini membuat cerita terkesan lebih lucu.saya suka yg ada unsur bikin ketawa ini

    Balas

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.