5 Ritual Pagi ala Lithaetr yang Buat Mood Jadi Ceria

5 Ritual Pagi ala Lithaetr yang Buat Mood Jadi Ceria

ritual pagi

 

Assalamualaikum Sahabat Lithaetr, mari masuki dunia lifestyle, parenting, inspirasi, dan hiburan (musik, film, buku, dan drama Korea).

 

Hari ini saya mau mencoba mengulas tentang ritual pagi yang bisa membuat mood jadi ceria. Mengapa saya ingin membahas hal ini? Ada tiga alasan yang membuat saya menulis tulisan ini.

Alasan mengangkat tulisan ini

Alasan pertamanya adalah karena saya termasuk orang yang kalau mood di pagi harinya rusak atau tidak enak, bisa mempengaruhi kondisi emosi keseharian. Oleh karena itu, saya merasa ritual di pagi hari menjadi penting, agar mood saya bisa ceria seharian.

Alasan keduanya, orang-orang sukses juga memiliki ritual pagi yang biasa mereka lakukan. Yang mana ternyata ritual pagi itulah langkah awal dari kesuksesan mereka.

Alasan ketiganya, tulisan ini saya dedikasikan untuk menjawab tantangan ‘Writober’ dari RBM (Rumah Belajar Menulis) Ibu Profesional Jakarta (IP Jakarta).

Itulah tiga alasan, mengapa saya mengulas topik ini. Selain itu, tulisan ini juga menjadi pengingat bagi diri agar bisa membuat rutinitas baik secara terus-menerus di pagi hari.

Harapannya agar kegiatan itu akan menjadi kebiasaan mendarah daging nan baik pula. Masa iya, kita enggak mau kebiasaan baik di pagi hari, ya kan, Sahabat? Oleh karena itu, siapa yang penasaran sama ritual saya di pagi hari? Ikutin terus curahan hati saya di sini.

Apa arti itu ritual dan mood?

Sebelum saya mengulas tentang ritual pagi hari saya agar mood ceria seharian, ada baiknya kita ketahui dahulu arti kata ritual dan mood. Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), ritual itu artinya tindakan seremonial.

Sementara dalam bahasa Inggris, ritual memiliki makna tentang pola perilaku otomatis sebagai reaksi terhadap situasi tertentu; dapat diwariskan atau diperoleh melalui pengulangan yang sering.

Bisa kita ambil kesimpulan kalau ritual ini adalah aktivitas yang dilakukan berulang-ulang dan akhirnya berakhir menjadi kebiasaan. Lalu untuk mood artinya adalah suasana hati.

Jadi tulisan kali ini memiliki makna aktivitas yang sering saya lakukan di pagi hari sehingga membuat suasana hati saya ceria.

 

Ritual pagi ala Lithaetr yang buat mood jadi ceria

Setelah kita mengetahui makna dari kata ritual pagi hari, sekarang saatnya saya mengulas kebiasaan-kebiasaan tersebut,

  1. Berdoa

ritual pagi berdoa

Ritual pagi saya agar mood ceria itu berdoa. Bagi saya memohon atau mengungkapkan keinginan di pagi hari akan membuat suasana hati saya ceria. Ternyata semenjak anak sulung saya bersekolah dari rumah, pihak sekolahnya juga membiasakan berdoa menjadi ritual pagi hari sebelum melakukan aktivitas.

 

  1. Meminum minuman hangat

ritual pagi meminum minuman hangat

Bagi saya menyeruput air hangat di pagi hari itu membuat suasana hati bahagia. Baik itu minum cokelat, teh, susu, dan kopi yang penting hangat, sudah menjadi ritual pagi hari nan membahagiakan.

 

  1. Mendengarkan musik

ritual pagi mendengarkan musik

Salah satu yang membuat suasana hati saya bahagia itu mendengarkan musik. Mau dari musik berbahasa Arab, Inggris, Jepang, India, Korea, dan Indonesia, bagi saya bisa menjadi penyemangat tersendiri.

 

  1. Membuat jadwal

ritual pagi membuat jadwal

Bagi saya membuat jadwal itu menyenangkan. Apalagi bisa mengerjakan semua sesuai jadwal, duh, bakal membuat hati semakin berbunga-bunga. Maka dari itu membuat jadwal bagi saya itu ritual pagi yang buat mood jadi ceria.

 

  1. Sarapan ringan dan berolahraga

ritual pagi olahraga

Prinsip saya selanjutnya adalah tidak boleh perut kosong saat akan beraktivitas, mengapa? Sebab saya bisa menjadi macan jika perut saya kosong, hahaha. Oleh karena itu, akan lebih baik jika saya mengisi perut di pagi hari.

Sarapan ringan saja, mulai dari roti, sereal, pecel, gado-gado, dan lain sebagainya. Pokoknya perut kenyang hati bahagia, deh. Selanjutnya ya, olahraga ringan.

Setelah mengalami otot kaku, saya menyadari kalau bergerak itu penting. Oleh karena itu, olahraga ringan menjadi penting dan bisa membuat suasana hati menjadi senang.

 

Itulah lima ritual pagi ala Lithaetr yang buat mood jadi ceria. Kira-kira sahabat Lithaetr punya ritual seru apa di pagi hari? Silakan berikan tanggapannya di kolom komentar, ya. Terima kasih.

3 pemikiran pada “5 Ritual Pagi ala Lithaetr yang Buat Mood Jadi Ceria”

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.