Comeback 2PM Hadirkan Nostalgia

comeback 2PM

 

Assalamualaikum Sahabat Lithaetr, mari masuki dunia lifestyle, parenting, inspirasi, dan hiburan (musik, film, buku, dan drama Korea).

Akhir bulan Juni kemarin, saya dikejutkan dengan comeback 2PM setelah mereka hiatus 5 tahun. Jujur, comeback 2PM bagi saya pribadi adalah menghadirkan kembali nostalgia.

Sebagai penggemar Kpop (sebutan bagi musik yang berasal dari Korea Selatan setelah tahun 1996) generasi 2 atau angkatan lama, saat ini saya sudah tidak mengikuti perkembangan Kpop. Mengapa? Sebab, menurut kata hati saya, saya merasa tidak nyaman mengidolakan orang-orang yang usianya jauh lebih muda dibandingkan saya.

Mungkin saya termasuk yang kolot, jadi masih sangat memikirkan masalah sopan santun dalam memanggil seseorang. Saat kita menyukai atau nge-fans dengan seseorang pasti kita menyiapkan panggilan khusus untuknya, betul? Buat penggemar Kdrama dan Kpop ada panggilan kesayangan buat para idola laki-laki yaitu, oppa (panggilan buat kakak laki-laki dari adik perempuan atau sebutan untuk kekasih laki-laki).

Panggilan oppa bagi saya itu agak saklek, jadilah kalau ngefans sama idola Kpop masa kini, saya jadi bingung mau manggil mereka apa. Apalagi situasi saya saat ini sudah menjadi ibu dari 3 orang anak, mmm agak aneh saja kalau harus teriak memanggil kakak padahal tahu kalau orang tersebut lebih muda.

Maafkan buat sahabat Lithaetr, kalau ada yang tersinggung ataupun tidak setuju dengan pendapat pribadi saya ini. Bukan maksud saya ingin menyinggung, sekali lagi ini hanya pandangan saya secara pribadi. Mungkin akan berbeda kalau menontonnya bareng anak-anak dan mereka juga suka, jadilah saya bisa mendampingi juga apa yang disukai anak-anak.

Oleh karena itu, saya sudah tidak mengetahui perkembangan Kpop saat ini, makanya saya terkejut idola-idola generasi kedua sudah banyak yang kembali ke panggung hiburan, salah satunya 2PM. Hal ini sangat membuat saya bahagia dan mengembalikan kenangan lama saat menggunakan seragam putih abu-abu. Penasaran mengapa comeback 2PM hadirkan nostalgia bagi saya? Terusin saja membacanya di sini, ya.

Fakta 2PM

Sebelum saya berbicara tentang nostalgia, karena comeback 2PM, akan lebih baik kalau sahabat Lithaetr, kenalan dulu sama 2PM. Inilah beberapa fakta tentang 2PM,

  1. Grup yang dibentuk sejak tahun 2008 dari agensi JYP Entertainment

Buat penggemar Kpop pasti enggak asing dengan agensi JYP Entertainment. Iya, JYP Entertainment ini termasuk ke dalam deretan agensi-agensi besar di Korea Selatan. Salah satu agensi yang sukses menerbitkan banyak bintang idola seperti Rain, Wonder Girls, Miss A, 2PM, dan lain-lain.

JYP 2PM

Pendiri dan pemilik JYP Entertainment sendiri adalah penyanyi dan musisi yang dihormati oleh junior musisi lainnya, beliau adalah Jin Young Park (JYP). Sebelum Kpop sudah keren, berkembang, dan terkenal di seluruh dunia seperti sekarang, JYP termasuk yang mempelopori gelombang Korea agar budaya Korea Selatan terkenal di seluruh dunia.

Salah satunya dengan mendebutkan grup idola laki-laki 2PM yang beranggotakan 7 orang yaitu Jaebom, Nickhun, Junk, Wooyoung, Taecyeon, Junho, dan Chansung. Mereka bertujuh resmi debut di tanggal 4 September 2008 dengan singel ’10 out of 10’. Apa yang membuat 2PM berbeda dengan grup idola lainnya?

 

  1. 2PM fokus ke tarian yang enerjik

Anggota-anggota 2PM ini adalah lulusan dari acara dokumenter ‘Hot Blood Men’ tahun 2008. Sebelum menjadi 2PM, mereka adalah grup bernama One Day, tetapi JYP membagi grup tersebut menjadi 2 yaitu 2PM yang fokus terhadap dance hip hop sementara 2AM fokus kepada vokal.

Saat 2PM debut, mereka benar-benar menampilkan kemampuan menari yang luar biasa. Mereka menari dengan enerjik dan ada gerakan-gerakan akrobatik. Inilah video klip lagu ’10 out of 10’,

 

  1. Kehilangan leadernya karena kasus kontroversial

Jay Park 2PM

Pada tahun 2009, 2PM menerima cobaan yang berat. Salah satu anggotanya bernama Jaebeom terkena skandal sehingga ia memutuskan mengundurkan diri dari 2PM. Mundurnya Jaebeom termasuk pukulan telak, karena ia adalah leader atau pemimpin di grup 2PM.

Lalu, bagaimana nasib Jaebeom setelah keluar dari 2PM? Sekarang ia masih tetap bermusik sebagai penyanyi solo dan dikenal dengan nama Jay Park. Sementara 2PM juga berjuang agar tetap bersinar setelah ditinggalkan oleh pemimpin mereka.

 

  1. 2PM berhasil sukses dengan 6 anggota

Setelah ditinggal Jaebeom, kini 2PM tinggal beranggotakan 6 orang yaitu Nickhun, Junk, Wooyoung, Taecyeon, Junho, dan Chansung dan mereka berhasil menggelar konser solo pertamanya bertajuk ‘Don’t Stop Can’t Stop’ pada 31 Juli 2010 di Seoul Olympic Park Arena.

Konser solo pertama 2PM tersebut dihadiri lebih dari 12 ribu fans dan hingga tahun 2016, 2PM sudah merilis enam album yaitu 1.59 PM tahun 2009, Hands UP tahun 2011, Grown tahun 2013, Go Crazy tahun 2014, No.5 tahun 2015, dan Gentlemen’s Game tahun 2016.

 

  1. Janji comeback 2PM kepada fans

Kalau di Korea Selatan, ada peraturan kalau para laki-lakinya diwajibkan untuk menjalani pelatihan militer, apabila dia sudah cukup umur. Aturan tersebut juga berlaku untuk member 2PM, karena itu mereka membuat janji kepada para fans, khususnya Hottest (panggilan untuk penggemar berat 2PM).

Sebagai salam perpisahan 2PM mempersembahkan lagu berjudul Promise (I’ll Be) sebagai comeback 2PM terakhir sebelum para membernya melakukan wajib militer.

 

  1. Hampir semua member memperbaharui kontrak dengan JYP Entertainment

Di tahun 2018, setelah beberapa member menyelesaikan tugas wajib militernya, Nickhun, Junk, Wooyoung, Junho, dan Chansung memutuskan untuk memperbaharui kontrak dengan JYP Entertainment. Lalu bagaimana dengan Taecyeon? Taecyeon, memutuskan untuk keluar dari JYP Entertainment, karena dia mau fokus berkarir di dunia akting. Lalu, apakah 2PM harus kehilangan anggota lagi?

 

  1. Comeback 2PM di tahun 2021 tetap dengan 6 anggota

Akhirnya setelah hiatus setelah 5 tahun, grup idola yang fokus dengan tariannya yang enerjik kembali ke panggung hiburan. Comeback 2PM di tahun 2021 tetap dengan 6 orang anggota. Kok bisa, padahal Taecyeon tidak memperpanjang kontrak dengan JYP Entertainment?

Walaupun Taecyeon tidak memperpanjang kontrak, tapi ia tetap ingin dan berkomitmen bersama grup yang sudah membesarkan namanya dan berhasil comeback 2PM di tahun 2021 ini. Comeback 2PM ini merupakan penunaian janji kepada para fans, khususnya Hottest.

Tidak tanggung-tanggung, comeback 2PM kali ini tidak hanya mengeluarkan single tapi mereka meluncurkan album bertajuk ‘Musk’ dengan 10 kagu terbaik. Album Must akan berisi 10 lagu yang terdiri dari Intro, Ok or Not, On My Way, Champagne, The Cafe, Moon & Back, Two of Us, Hold You, My House, dan lagu utama Make It.

Album Must ini benar-benar hasil dari pemikiran para member 2PM. Wooyoung berpartisipasi dalam menulis lirik dan mengomposeri lagu Make It. Kemudian JunK dan Taecyeon juga ikut serta dalam kepenulisan lirik dan menjadi komposer dalam beberapa lagu di album Must ini. Sementara itu, lagu My House merupakan lagu remake dari lagu 2PM sebelumnya. Yang mana lagu My House ini akan diluncurkan kembali dengan versi akustik.

Itulah sekilas perkenalan atau fakta-fakta tentang 2PM, sekarang saatnya saya bercerita mengapa comeback 2PM hadirkan nostalgia.

 

Comeback 2PM hadirkan nostalgia

2PM comeback

Seperti yang sudah saya ungkapkan di atas, kalau saya tidak terlalu mengetahui perkembangan Kpop sekarang, tapi saya cukup tahu kalau Kpop semakin keren, terkenal, dan sudah mendapatkan banyak penghargaan mancanegara.

Oleh karena itu, saat comeback 2PM ini ada, saya senang sekali, karena mengingatkan kembali kalau dahulu tiap grup idola itu punya ciri khas masing-masing. Tentu saja hal tersebut disesuaikan dari mana grup idola tersebut berasal.

Saat awal-awal grup idola terbentuk, agensi-agensi besar di Korea Selatan seperti punya ciri-ciri tersendiri buat para idola grup asuhannya. Kalau penggemar angkatan lawas setidaknya mengerti apa yang saya maksudkan. Buat sahabat Lithaetr yang belum paham maksud saya, bisa simak dulu video dari youtuber berikut ini,

Youtuber id sibling, termasuk salah satu yang cocok dengan pemikiran saya juga dan mempunyai idola yang sama yaitu Bigbang. Terkait dengan bangkitkan nostalgia, saya juga punya lo, beberapa lagu favorit 2PM.

 

Lagu-lagu favorit 2PM ala Lithaetr

Walaupun saya bukan Hottest, tapi saya punya beberapa lagu favorit 2PM. Inilah daftar lagunya,

  1. Again & Again

Salah satu lagu 2PM yang jadi favorit saya, saat mereka masih dengan 7 member.

 

  1. Heartbeat

Saya suka lagu ini karena lagunya seksi, hehehe

 

  1. I’ll Be Back

Ini lagu punya banyak versi dari segi kostumnya, karena itu saya suka deh,

 

  1. Hands Up

Lagu yang melambungkan 2PM hingga ke mancanegara

 

  1. Make It

Ini lagu comeback 2PM, yang jadi lagu andalan.

 

  1. The Cafe

Lagu comeback 2PM yang diliris kedua,

 

  1. My House

Ini lagu dari album Must, yang di-remake,

 

Itulah sekian bagaimana cerita saya tentang comeback 2PM yang mampu menghadirkan nostlagia dari masa-masa saya saat masih remaja. Kalau sahabat Lithaetr, saat remaja ada yang punya idola boyband? Kalau ada silakan berikan komentarnya, ya. Terima kasih.

29 pemikiran pada “Comeback 2PM Hadirkan Nostalgia”

  1. keren ya 2 PM, 5 tahun hiatus, dan boom …disambut penggemarnya

    selalu kompak , tentunya terlepas kasus Jaebeom

    dan Taecyeon yang bisa berdiri di dua kaki sebagai penyanyi dan aktor

    Balas
  2. Aslinya aku gak ngeh sama grup ini. Tapi aku tahu ini femes sebab aku pernah foto bareng patung lilinnya di Madame Tussaud Bangkok 2013 lalu. Jelas hanya grup yang beken yang dibuat patung lilinnya kan haha. Jadi pengen dengerin lagu-lagunya buat nostalgia.

    Balas
  3. Saya sudah 53 tapi tetap memanggil aktor-aktor yang usianya jauh di bawah saya sebagai OPPA. Bukan karena tidak menyadari gap usia tapi panggilan tersebut sebagai penghormatan. Karena gak mungkin kan manggil mereka Dek atau Nak karena mereka bukan adik atau anak saya hahahaha. Jadi untuk saya panggilan tertentu adalah satu penghormatan atas seseorang. Sepertinya misalnya guru yang saya tahu usianya sebenarnya jauh tapi tetap saya panggil Mas/Mbak bahkan Bapak/Ibu.

    Saya baru ini loh tahu 2PM. Ternyata keren juga ya prestasi mereka. Semoga dengan hadirnya mereka kembali ke dunia entertainment, dunia KPop akan semakin semarak.

    Balas
    • Bisa mbak, betul oppa sebagai penghormatan semata. Saya akhirnya lebih memilih menyebutkan namanya saja. Kalau semisal enggak tahu ya, nama grup atau drakornya saja, hehehe. Biasa nama lalu ditambahkan si, di belakang namanya, ini sama seperti tuan atau nona.

      Balas
  4. Kalau untuk K-Pop daku ndak banyak tahu. Namun melihat perjalanan 2PM, mantap juga dengan menghasilkan karya yang banyak disuka penggemarnya

    Balas
  5. Aku tahu 2PM ini sejak ngikutin personilnya Tachyeon main di Vincenzo sebagai bos babel. Ada games antara Joongki dan Yeonbeen nebak lagu 2PM, dari sana jadi tahu. Trus di TikTok sering lewat Tachyeon ngedance. Kalau yang lainnya belum pernah lihat. Kalau videonya pernah sekali liat, ternyata memang penyanyi2 dengan tarian enerjik ya.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.